Berita  

Apa Itu Pembelaan Diri?

Apa Itu Pembelaan Diri?

Jurnal Hukum Indonesia.- Pembelaan diri pada intinya adalah upaya yang dilakukan oleh seseorang guna menjaga keselamatan hidupnya, baik keselamatan jiwa, harta benda ataupun kehormatannya.

Pembelaan diri sendiri merupakan tindakan yang menjadi naluri untuk mempertahankan dirinya atau orang lain, kehormatannya, dan harta benda dari perbuatan jahat yang dilakukan orang lain yang ingin merusak atau merugikan dengan cara melawan hukum.

Akan tetapi ada beberapa kasus dalam upaya pembelaan diri yang menyebabkan hilangnya nyawa orang lain dalam upaya untuk membela diri. Untuk itu dibutuhkanlah batasan mengenai hal tersebut yang dijelaskan dalam pasal pembelaan diri.

BACA JUGA :  Cegah lonjakan covid omicron, Kapolres Jember Pimpin Langsung Kegiatan Pamor Keris

Jenis Jenis Pembelaan Diri

1. Pembelaan diri umum
Pembelaan diri umum (noodweer) diatur dalam Pasal 49 ayat (1) KUHP yang merupakan tindakan pidana yang dilakukan seseorang untuk melakukan sesuatu pembelaan diri dari ancaman seseorang yang berhubungan dengan harta, benda ataupun kesusilaan diri sendiri atau orang lain yang dalam waktu bersamaan dan dalam keadaan yang sangat memaksa sehingga tidak ada pilihan lain selain melakukan tindakan tersebut.

Menurut pasal ini, orang yang melakukan pembelaan darurat tidak dapat dihukum. Pasal ini mengatur alasan penghapus pidana yaitu alasan pembenar karena perbuatan pembelaan darurat bukan perbuatan melawan hukum.

BACA JUGA :  Bupati Bangkalan Apresiasi Penanaman Mangrove oleh Lanal Batuporon

2. Pembelaan diri luar biasa
Pembelaan diri luar biasa (noodweer-exces) diatur dalam Pasal 49 ayat (2) yang merupakan pembelaan terpaksa yang melampaui batas, yang dilakukan karena keguncangan jiwa hebat dikarenakan serangan atau ancaman serangan tersebut.

Nara Sumber : LEMBAGA SANDYA KARA PRAWARA (SKP LAW FIRM)
Youtube : SKP LAW FIRM

Tinggalkan Balasan