Berita  

Apakah Menyerang Kembali Orang yang Menyerang Kita Bisa Dikatakan Sebagai Pembelaan Diri?

Apakah Menyerang Kembali Orang yang Menyerang Kita Bisa Dikatakan Sebagai Pembelaan Diri?

Jurnal Hukum Indonesia.- Yang harus diperhatikan saat melakukan pembelaan diri adalah perbuatan tersebut adalah terpaksa, bertujuan untuk melakukan pembelaan karena ada ancaman terhadap diri, harta benda atau kehormatan diri sendiri.

Batas Batas Dalam Pembelaan Diri
Sebagaimana dijelaskan dalam syarat pembelaan diri, batas pembelaan diri adalah harus ada serangan terlebih dahulu dari orang lain, yang memaksa kita melakukan pembelaan karena ada serangan dan perbuatan tersebut terpaksa kita lakukan guna mempertahankan diri.

Apabila membunuh orang jahat yang tidak melakukan penyerangan atau tindak pidana yang mengancam diri, harta atau kehormatan maka tidak termasuk pembelaan diri. Pembelaan diri dapat diberlakukan apabila memenuhi syarat pembelaan diri yaitu harus ada serangan terlebih dahulu dari orang lain, yang memaksa kita melakukan pembelaan karena ada serangan dan perbuatan tersebut terpaksa kita lakukan guna mempertahankan diri. Nantinya tetap dalam persidangan, hakim akan menentukan mengenai apakah tindakan pembelaan diri.

BACA JUGA :  PENGERTIAN DAN ISTILAH HUKUM KONTRAK

Nara Sumber : LEMBAGA SANDYA KARA PRAWARA (SKP LAW FIRM)
Youtube : SKP LAW FIRM

Tinggalkan Balasan