Berita  

Begini Cara Urus SIM Mudah Secara Online Dengan SINAR

Begini Cara Urus SIM Mudah Secara Online Dengan SINAR

Solo – JurnalbHukum Indonesia.- SINAR atau SIM Nasional Presisi merupakan terobosan baru dari Korlantas Polri untuk membantu masyarakat mengurus SIM dengan lebih mudah, karena semuanya bisa dilakukan secara online. SINAR dapat Anda akses melalui aplikasi digitalkorlantas, yang bisa di download dengan mudah melalui toko-toko aplikasi.

Sampai sekarang SINAR hanya bisa digunakan untuk pengurusan SIM A dan SIM C, dimana biaya untuk masing-masing jenis SIM adalah SIM A Rp120.000,00, dan SIM C Rp100.000,00. Biaya-biaya ini dapat dibayarkan melalui metode transfer ATM maupun M-Banking, kemudian Anda bisa mengikuti ujian teori, e-rikkes, dan e-PPsi.

BACA JUGA :  Taruna AAu akan Kirab dan Display Drumband di Malioboro

Untuk menggunakan layanan ini, tentunya langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mendownload aplikasi digitalkorlantas. Setelah mendownload digitalkorlantas, pastikan Anda telah menyelesaikan pembuatan akun, serta melakukan autentikasi dengan biometric wajah. Barulah setelah itu Anda bisa memilih ikon SINAR, yang memuat beberapa pilihan layanan termasuk pengurusan SIM meliputi: pengurusan SIM Baru, perpanjangan, pemeriksaan kesehatan online (e-rikkes), tes psikologi online (e-PPSi), sampai dengan lokasi Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas).

Setelah semua prosedur telah selesai, Anda akan diminta untuk menentukan jadwal ujian praktek, dan melaksanakan ujian sesuai dengan jadwal tersebut secara langsung di Satpas yang telah ditunjukkan melalui SINAR. Apabila semua persyaratan sudah dipenuhi, dan seluruh rentetan ujian telah lulus, maka Anda bisa mengambil SIM secara langsung di Satpas, atau dikirimkan melalui POS.

Tinggalkan Balasan