Berita  

Buka Porwanas Ke-13, Menpora Minta Wartawan Sukseskan Desain Besar Olahraga Nasional

Avatar of Jurnal Hukum Indonesia
Buka Porwanas Ke-13, Menpora Minta Wartawan Sukseskan Desain Besar Olahraga Nasional

Malang – Jurnal Hukum Indonesia.-

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zaenuddin Amali mewakili Presiden RI Joko Widodo secara resmi membuka Pekan Olahraga Wartawan (Porwanas) Ke-13 tahun 2022, di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang, Senin (21/11/2022) malam. Pesta olahraga insan olahraga wartawan ini berlangsung 21 – 27 November 2022 di Malang Raya.

Menpora Zainudin Amali dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada seluruh insan wartawan atas kerjasamanya selama ini dengan pemerintah. Pihaknya merasa bangga bisa bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) melalui Seksi Wartawan Olahraga (SIWO PWI) dan telah melaksanakan penandatanganan kerjasama dengan Kemenpora untuk melakukan sosialisasi tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) sehingga sosialisasinya bisa berlangsung secara masif dari tingkat pusat sampai daerah di seluruh Indonesia.

“Saya sangat bangga bisa bekerja sama dengan PWI, dengan SIWO PWI yang kita sudah tanda tangani MoU-nya, mudah-mudahan kerjasama antara Kementerian Pemuda Olahraga dan PWI dari tingkat pusat sampai ke tingkat daerah ini bisa berlangsung dengan baik dan sosialisasi dari Desain Besar Olahraga Nasional yang dipayungi oleh Perpres nomor 86 tahun 2021 akan semakin masif di tengah-tengah masyarakat kita,” kata Menpora Zainudin Amali.

Diungkapkan, para jurnalis yang tergabung dalam PWI maupun SIWO PWI adalah bagian yang penting untuk meningkatkan prestasi olahraga Indonesia, diyakininya tanpa keikutsertaan para jurnalis ini maka tidak mungkin Desain Besar Olahraga Nasional akan tersosialisasi ke seluruh pelosok tanah air.

BACA JUGA :  Anggota DPR Apresiasi Polri Gelar Program Vaksin Booster Bagi Kiai

“Hanya dengan kerjasama yang baik maka semua apa yang terkandung di dalam Desain Besar Olahraga Nasional akan tersosialisasi dengan baik,” ungkapnya.

Menurutnya, Provinsi Jawa Timur menjadi salah satu sentra pembinaan atlet-atlet talenta yang sekarang ini sedang dtempatkan di Unesa Surabaya. Sekarang ini pemerintah sedang melaksanakan implementasi dari Desain Besar Olahraga Nasional untuk membina atlet-atlet talenta dari usia 12 tahun lulusan SD yang diproyeksikan 10 tahun kedepan mereka akan menjadi atlet atlet nasional.

“Kalau ini kita bisa jalankan dengan sebaik-baiknya Desain Besar Olahraga Nasional ini maka bukanlah mimpi kosong kalau 100 tahun Indonesia Merdeka tahun 2045, tepatnya pada Olimpiade 2044 yang ada akan datang, Indonesia minimal berada di peringkat 10 besar dunia,” ujarnya.

Plt. Gubernur Jatim, Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak dalam sambutannya mengatakan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sangat mendukung sepenuhnya penyelenggaraan Porwanas Ke-13 di Malang Raya ini dan mengucapkan selamat datang kepada seluruh kontingen 34 provinsi dari seluruh Indonesia, termasuk kontingen istimewa dari Kota Surakarta sebagai tempat lahirnya PWI, KONI dan Hari Olahraga Nasional.

“Ibu Gubernur sangat-sangat mendukung terselenggaranya Porwanas di Jatim ini dan kontingen dari Jatim sendiri telah dilepas oleh Ibu Gubernur di Grahadi,” kata Plt. Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak.

Disela sambutannya, Wagub Emil Dardak juga memutarkan video ucapan Gubernur Khofifah Indar Parawansa yang berisi ucapan selamat datang di Jatim dan Porwanas Ke-13 ini bisa berjalan lancar dan sukses serta senantiasa menjaga sportivitas.

“Saya Khofifah Indar Parawansa bersama seluruh keluarga besar Pemprov Jawa Timur dan masyarakat Jawa Timur menyampaikan selamat dan sukses bagi penyelenggaraan Pekan Olahraga Wartawan Nasional yang ke-13 tanggal 21 sampai 27 November 2022 di Malang Raya, kita sebagai tuan rumah tentu menyampaikan Selamat Datang kepada 2200 atlet dan official dari provinsi seluruh Indonesia, mudah-mudahan seluruh proses penyelenggaraan berjalan dengan lancar kondusif dan tentu kita jaga sportivitas. Saya mengajak warga Jawa Timur menjadi tuan rumah yang terbaik untuk menyambut seluruh Kontingen Porwanas Ke-13 di Malang Raya ini dan tentu saya mohon dukungan kepada seluruh masyarakat Jawa Timur mudah-mudahan Kontingen Porwanas Jawa Timur juara umum,” kata Gubernur Khofifah dalam tayangan videonya, yang pada saat bersamaan Gubernur Jatim sedang melakukan kunjungan kerja ke Mesir dan Arab Saudi.

Tinggalkan Balasan