Berita  

Bupati Bangkalan Apresiasi Penanaman Mangrove oleh Lanal Batuporon

Bupati Bangkalan Apresiasi Penanaman Mangrove oleh Lanal Batuporon

Bangkalan — Jurnal Hukum Indonesia.- Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron mengapresiasi kegiatan menanam mangrove yang dilaksanakan Lanal Batuporon di Desa Labuhan, Kecamatan Tanjung Bumi, Bangkalan, Selasa (26/7/2022).

Menurut Bupati Ra Latif, penanaman mangrove akan memberikan banyak manfaat. Tidak hanya mencegah terjadinya abrasi serta dapat menjaga ekosistem di daerah pesisir.

“Adanya hutan mangrove juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat wisata bahkan beberapa tanaman mangrove juga dapat dijadikan bahan olahan yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar,” kata Bupati.

BACA JUGA :  Semarak Grand Carnival JFC ke 20 The Legacy, Menparekraf: JFC Akan Dimasukkan ke Kalender Wisata Internasional

Bupati berharap tidak hanya pemerintah, tapi juga masyarakat serta pihak swasta dalam pembangunan berkelanjutan melalui aksi nyata menanam dan merehabilitasi mangrove pada daerah yang memiliki pantai terutama adanya kerusakan pesisir pantai akibat abrasi.

Sementara Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Batuporon, Letkol Laut (P) Mahfud Effendi, M. Tr. Hanla., CHRMP, menjelaskan kegiatan menanam mangrove dilakukan secara serentak di 77 lokasi pangkalan AL se Indonesia dalam rangka hari mangrove sedunia. Dalam kegiatan itu telah menyiapkan 4.000 bibit mangrove untuk lahan seluas 4 hektar.

BACA JUGA :  Keamanan Siber Jadi Prioritas Layanan Polri

“Kami sengaja melaksanakan penanaman di sekitar pesisir Desa Labuhan karena disini merupakan tempat wisata sehingga diharapkan selain bisa mencegah terjadinya abrasi juga dapat dimanfaatkan sebagai wisata mangrove dan upaya peningkatan ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan