Berita  

BUPATI MALANG : DENGAN DISERAHKANNYA SURAT KETETAPAN HALAL INI, SEMOGA PELAKU IKM DAPAT SEMAKIN MAJU DAN BERKAH

BUPATI MALANG : DENGAN DISERAHKANNYA SURAT KETETAPAN HALAL INI, SEMOGA PELAKU IKM DAPAT SEMAKIN MAJU DAN BERKAH

TUREN — Jurnal Hukum Indonesia.–

Dengan diserahkannya surat ketetapan Halal ini, semoga pelaku IKM dapat semakin maju dan berkah hal ini disampaikan oleh Bupati Malang Drs. H. M. Sanusi, MM saat menghadiri Tasyakuran Penyerahan Surat Ketetapan Halal 107 Industri Kecil Menengah (IKM) Makanan dan Minuman Kabupaten Malangyang berlokasikan di Hotel Grand Cakra Kecamatan Turen, Kamis (5/1) pagi. Turut hadir pada acara ini Ketua Dekranasda Kabupaten Malang Ny. Hj. Anis Zaidah, benerapa Jajaran Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Malang, Camat dan Muspika Turen, serta 107 pelaku IKM penerima sertivikat Halal.

pelaksanaan kegiatan ini merupakan wujud rasa syukur atas diterimanya Surat Ketetapan Halal, mengingat proses dan rangkaian prosedur penetapan sertifikasi halal ini memang sangat ketat. Seperti diketahui bahwa produk olahan makanan dan minuman yang beredar di masyarakat harus memiliki Jaminan Produk Halal atau JPH dari Pemerintah, sebagaimana telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal.

BACA JUGA :  F1 Powerboat 2023 Jadi Ajang Bergengsi di Indonesia

Bupati Malang dalam sambutannya menyampaikan bahwa, atas nama Pemerintah Kabupaten Malang, menyampaikan terima kasih kepada Panitia Penyerahan Surat Ketetapan Halal, sekaligus mengucapkan selamat kepada 107 IKM binaan penerima Surat Ketetapan Halal. “Mudah-mudahan dengan diterimanya Surat Ketetapan Halal tersebut akan meningkatkan motivasi bagi IKM binaan Kabupaten Malang, sekaligus sebagai modal berharga dalam rangka menciptakan iklim wirausaha yang produktif, dan berdaya saing,” sambung Bupati Malang

Bupati Malang juga menjelaskan manfaat sertifikasi halal itu sendiri, yang sangat penting bagi perkembangan bisnis/usaha produk makanan dan minuman yang dihasilkan. Dari sisi produsen, sertifikasi halal ini akan membuka kesempatan pada produk-produk IKM untuk meraih konsumen di lingkup pasar global.

“Sedangkan dari sisi konsumen, sertifikasi halal ini akan menjamin dan memberikan rasa aman, dalam mengonsumsi maupun memakai produk yang ditawarkan. Tingkat kepercayaan konsumen kepada produsen juga akan meningkat seiring dengan sertifikasi halal yang melekat pada produk IKM,” jelas Bupati Malang

Mengingat besarnya manfaat dari sertifikasi halal tersebut, dan sebagai salah satu bentuk pembinaan terhadap IKM, Pemerintah Kabupaten Malang tentunya akan terus berupaya untuk mendorong para pelaku Industri Kecil Menengah di Kabupaten Malang agar memiliki Jaminan Produk Halal (JPH).

BACA JUGA :  Menuju Satu Abad NU, Cak Eri Cahyadi Terima Penghargaan Tokoh Muda Nahdliyin Inspiratif 2021

“Apalagi di tahun 2022 kemarin, Kabupaten Malang juga baru saja mendapatkan penghargaan dari Gubernur Jawa Timur, sebagai Pemerintah Kabupaten/Kota yang mendukung Pengembangan Industri Halal di Jawa Timur pada ajang East Java Agro Industri Fest 2022,” tutur Bupati Malang

Bupati Malang berharap berharap agar hal ini dapat memotivasi seluruh penggiat sektor perindustrian, utamanya yang belum memiliki sertifikat halal pada produk olahan makanan maupun minuman, sehingga dapat segera menguji kelayakan dan keamanan produknya untuk memperoleh sertifikat halal.

“Beberapa negara seperti Thailan dan Jepang saat ini juga sudah mulai menerapkan sertifikasi halal sebagai standar yang harus dipenuhi, walaupun mayoritas masyarakatnya beragama non-Muslim. Sehingga bagi para pelaku IKM di Indonesia yang notabene masyarakatnya mayoritas muslim, hendaknya tidak menyepelekan sertifikasi halal ini, dan menjadikannya sebagai prioritas dalam membangun sektor industri,” ucap Bupati Malang

Saat ini paradigma pelayanan publik telah mengalami perbaikan yang cukup signifikan, maka saya mengajak para pelaku IKM agar dapat segera mengupayakan produk yang dihasilkan telah dinyatakan halal dan memiliki sertifikasi halal dari lembaga yang berwenang.

“Mudah-mudahan dengan semakin banyaknya produk-produk IKM unggulan di Kabupaten Malang yang bersertifikat halal, akan semakin meningkat pula daya saing IKM Kabupaten Malang, yang pada gilirannya dapat menjadi modal berharga untuk membentuk ketahanan ekonomi, dalam menghadapi tantangan global yang akan semakin kompleks kedepannya,” pungkas Bupati Malang.

Tinggalkan Balasan