Berita  

Dinas KB PPPA Bangkalan Gelar Sekolah Orang Tua Hebat dan Sosialisasikan Kartu Kembang Anak

Dinas KB PPPA Bangkalan Gelar Sekolah Orang Tua Hebat dan Sosialisasikan Kartu Kembang Anak

Bangkalan — Jurnal Hukum Indonesia.-

Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KB PPPA) menggelar sosialisasi tentang Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) dan Kartu Kembang Anak (KKA) di Aula Dinas KB PPPA, Rabu (05/04/2023).

Kepala Dinas KB PPPA Amina Rahmawati mengungkapkan program ini merupakan inovasi BKKBN yang dirancang sedemikian rupa sehingga akan bermanfaat bagi para keluarga dalam pengasuhan baduta/balita khususnya di masa 1000 hari pertama kelahiran (HPK) untuk pencegahan stunting dari awal .

“Sebelumnya kita pernah menggelar sekolah orang tua hebat ini di Desa Pakong, Kecamatan Modung sebagai percontohan SOTH di tahun 2022 dan mereka sudah diwisuda oleh BKKBN Provinsi Jatim,” kata Amina Rahmawati.

BACA JUGA :  Disperinaker Bangkalan Layani Pengaduan Pekerja Lewat Website SIPP

Menurutnya tujuan dari SOTH tidak lain untuk meningkatkan layanan penyuluhan di Kelompok BKB bagi orang tua dan anggota keluarga lainnya dalam mengasuh dan membina tumbuh kembang balita melalui rangsangan/stimulasi baik secara fisik, mental, sosial, emosional dan intelektual.

“Untuk kali ini kita mengundang 36 Kader BKB dan Penyuluh KB dari masing-masing kecamatan, dan diharapkan mereka dapat menjadi fasilitator SOTH di masing-masing Kecamatan nantinya dengan harapan dapat terbentuknya Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) dimasing-masing desa/kelurahan,” imbuhnya.

Selain mendapat materi tentang pengasuhan dalam pertumbuhan dan perkembangan masing-masing balita kepada Kader BKB, para orang tua juga mendapatkan bimbingan tentang pola asuh anak serta sosialisasi Kartu Kembang Anak (KKA). Kartu KKA adalah kartu yang digunakan untuk memantau kegiatan asuh orang tua dan tumbuh kembang anak.

Tinggalkan Balasan