Berita  

Dinkes Bangkalan Sosialisasikan Pentingnya KAP dalam Mencegah Stunting

Avatar of Jurnal Hukum Indonesia
Dinkes Bangkalan Sosialisasikan Pentingnya KAP dalam Mencegah Stunting

Bangkalan — Jurnal Hukum Indonesia.-

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangkalan mengadakan kegiatan Orientasi Komunikasi Antar Pribadi (KAP). Kegiatan di Kecamatan Modung itu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas bagi tenaga kesehatan khususnya dalam metode pembelajaran berkomunikasi.

Materi ini sangat bermanfaat bagi tenaga kesehatan sebagai modal untuk mengajak sasaran atau masyarakat melakukan perubahan perilaku ke arah yang lebih baik.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan, Aris Budhiartho mengatakan KAP yang mengambil prinsip komunikasi dilakukan dalam situasi menyenangkan dan menambah keakraban, semua berbicara dan mendengarkan.

“Serta ke arah aksi perubahan perilaku dapat dipraktekkan dalam kehidupan para tenaga kesehatan saat memberikan edukasi atau penyuluhan,” ungkapnya.

Orientasi KAP untuk Pencegahan Stunting kata Aris, yang dilakukan ini diharapkan dapat menurunkan prevalensi stunting di wilayah Kabupaten Bangkalan secara berkala.

“KAP manfaatnya merubah perilaku masyarakat yang tadinya kurang sehat (tidak pernah ke Posyandu, tidak pernah makan buah sayuran) menjadi gemar makan sayur dan buah,” kata Aris.

Pihaknya berHarap masyarakat berperan aktif dalam menciptakan kesehatan di lingkungannya.

“Serta hadir ke Posyandu bagi ibu hamil, bayi dan balita. Ini yang melakukan kader posyandu ke warganya sendiri,” tambahnya.

BACA JUGA :  Puncak Harlah NU 99 di Bangkalan, Gubernur Jatim Paparkan Progres Pembangunan IISP

Tinggalkan Balasan