Berita  

Dinkes Pastikan Tidak Temukan Kasus Gagal Ginjal Akut di Bangkalan

Avatar of Jurnal Hukum Indonesia
Dinkes Pastikan Tidak Temukan Kasus Gagal Ginjal Akut di Bangkalan

Bangkalan — Jurnal Hukum Indonesia.-

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangkalan sejauh ini belum menemukan kasus gagal ginjal akut pada anak di Bangkalan. Kepala Dinas Kesehatan Bangkalan Sudiyo memastikan hingga saat ini belum ada laporan temuan kasus tersebut pada anak.

“Masyarakat Bangkalan tidak perlu panik dengan adanya berita gagal ginjal akut yang menimpa anak, karena sampai saat kasus itu belum ditemukan di kabupaten bangkalan, Alhamdulillah sampai saat ini masih aman,” katanya.

Dinkes bersama pihak terkait lainnya juga telah melakukan inspeksi mendadak atau sidak ke seluruh apotek, toko obat dan fasilitas kesehatan yang ada di Bangkalan. Meskipun hasilnya tidak ditemukan obat Sirup yang di maksud.

BACA JUGA :  Mabes Polri Telusuri Peretasan Data di Bank Indonesia

“Kita sudah melakukan sidak karena kita tidak mau kecolongan, Alhamdulillah apotek sudah mengikuti anjuran kami,” ungkapnya.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan lima jenis sirup obat batuk/parasetamol yang mengandung cemaran etilen glikol melebihi ambang batas yang sudah ditentukan. Temuan ini ada usai melakukan sampling terhadap 39 bets dari 26 sirup obat.

Yoyok meminta masyarakat tetap tenang. Masyarakat juga diminta menjadi konsumen cerdas ketika membeli obat-obatan di apotek, toko obat, puskesmas dan rumah sakit, berdasarkan anjuran dari dokter, apoteker atau tenaga kesehatan.

BACA JUGA :  Presiden Jokowi Ungkap Presiden China Bisa Nyanyi Lagu ‘’Bengawan Solo’’

“Intinya tetap tenang, pemerintah akan selalu berusaha melindungi masyarakat,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan