Berita  

Diskop-UKM Jatim Sampaikan Strategi Pemasaran Efektif untuk UMKM

Avatar of Jurnal Hukum Indonesia
Diskop-UKM Jatim Sampaikan Strategi Pemasaran Efektif untuk UMKM

Sumber Foto: Diskop-UKM Jatim

Jatim – Jurnal Hukum Indonesia.–

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur (Diskop-UKM Jatim) menyampaikan tentang strategi pemasaran yang efektif bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Melansir akun instagram resmi @diskopukm.jatim tertulis ada lima strategi. Pertama, membuat produk yang unik dibandingkan yang dimiliki kompetitor. Sebelum melakukan promosi, pelaku UMKM terlebih dahulu harus menyiapkan produk yang unik dibanding produk yang dimiliki kompetitor.

Menciptakan produk yang unik akan membantu dalam memenangi persaingan pasar dan membuat konsumen loyal menggunakan produk. Bukan hanya itu, produk yang unik juga akan membuat iklan semakin menarik.

BACA JUGA :  Polres Bondowoso Amankan Dua Orang Terduga Pelaku Tindak Kekerasan Terhadap Petugas Sat Pol PP

Kedua, membuat tujuan iklan yang jelas. Setelah membuat produk yang unik, langkah selanjutnya yaitu membuat tujuan iklan yang jelas. Dengan tujuan yang jelas, akan mempermudah untuk mencapai tujuan iklan.

Misalnya memiliki UMKM kuliner, tujuan iklan yang ingin dicapai yaitu memperkenalkan produk (varian rasa) terbaru kepada konsumen sehingga saar membuat iklan, hanya terfokus pada satu tujuan tersebut.

Ketiga, mempromosikan melalui online marketing. Mempunyai UMKM yang sukses dan dikenal oleh banyak orang, menjadi impian setiap pemilik UMKM. Pemasaran secara online atau biasa dikenal dengan online marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang tepat untuk mempromosikan UMKM.

Online marketing akan membantu untuk mendapatkan pelanggan yang potensial, menjadi nomor 1 di google, dan dikenal banyak orang.

BACA JUGA :  Warga Asing Jadi Anggota Muhammadiyah? Haedar: Kenapa Tidak?

Ada beberapa strategi online marketing yang bisa dilakukan seperti content marketing, social media marketing, google ads, atau video marketing.

Keempat, membuat promo menarik. Dapat membaca promo menjadi salah satu cara untuk menarik perhatian calon pelanggan untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Mereka akan mudah tertarik ketika mendengar istilah promo. Promo dapat berupa potongan harga, kupon hadiah, cashback, atau promo lainnya. Pelaku UMKM dapat membuat promo di hari-hari atau momen penting seperti libur, akhir/awal tahun, lebaran idulfitri, hari raya natal, dan hari-hari besar lainnya.

Kelima, konsisten. Strategi pemasaran yang terakhir yaitu konsisten dalam menjalankan strategi pemasaran yang digunakan. Tujuannya adalah untuk membangun kepercayaan konsumen terhadap UMKM yang dimiliki. Misal ketika menggunakan strategi content marketing, untuk mempromosikan UMKM, maka tetap konsisten untuk membuat berbagai konten dan terus melakukan evaluasi untuk menghasilkan konten yang berkualitas.

Tinggalkan Balasan