Berita  

Emil: Perekonomian Jatim Sumbang 7 Persen, Bagi Negara-Negara ASEAN

Avatar of Jurnal Hukum Indonesia
Emil: Perekonomian Jatim Sumbang 7 Persen, Bagi Negara-Negara ASEAN

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak

Surabaya – Jurnal Hukum Indonesia.-

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menegaskan kontribusi pertumbuhan ekonomi Jawa Timur bagi negara-negara di ASEAN hampir mencapai 7 persen.

“Dari seluruh perekonomian di kawasan ASEAN, Jatim menyumbang hampir 7 persen,” ungkap Wagub Emil saat menghadiri gala dinner JCI East Java di Ballroom Sheraton Hotel, Jumat, (9/12/2022).

Kabar baik tersebut, kata Wagub Emil, didapatkan sepulangnya dari pertemuan bersama para pemimpin pemerintahan daerah se ASEAN di Phnom Phen, Kamboja beberapa waktu lalu. Setelah pertemuan tersebut, dirinya menghitung-hitung bahwa ASEAN akan menjadi salah satu negara ekonomi gabungan terbesar keempat di dunia.

BACA JUGA :  Menuju Revitalisasi Pendidikan Vokasi, Gubernur Harapkan SMK-PK Menjadi Agen Perubahan

Dengan demikian, lanjut Wagub Emil, berita bagusnya adalah di dalam ASEAN yang diproyeksikan pada tahun 2040 Indonesia akan menjadi top 4 besar, maka dipastikan setengah perekonomian ASEAN bertumpu dari Indonesia.

“Setengahnya dari Indonesia maka kita bisa menjadi pemimpin di kawasan ASEAN,” ujarnya.

Melihat kondisi tersebut, setiap bertemu perwakilan dari negara asing, Wagub Emil acapkali mengatakan, mari menjadikan Jatim sebagai pintu gerbang menuju ASEAN. Caranya, dengan merebut pasar-pasar ASEAN sebab saat ini merupakan posisi yang sangat strategis apalagi pasca pandemi Covid-19.

“Kami berusaha membenahi infrastruktur semaksimal mungkin melalui Perpres 80. Kita mendorong pembangunan kawasan industri. Jalan tol nyambung sampai Solo, Probolinggo dan Malang. Lalu ada pelebaran jalan yang akan dilakukan dari arah Surabaya ke Manyar. Ini bertujuan meningkatkan daya saing infrastruktur dan ini yang kita harapkan,” tuturnya.

BACA JUGA :  Lazismu Taken MoU Bersama Enuma dan The Head Foundation untuk Program EdutabMu

Menurut Wagub Emil, JCI East Java sebagai organisasi pengembangan dan kepemimpinan Pemuda terbesar di dunia, memiliki fokus di berbagai bidang, diantaranya bidang bisnis, internasional, sosial dan pengembangan diri para anggotanya dan mendorong kaum muda untuk menjadi warga negara yang aktif berpartisipasi dalam upaya pembangunan sosial dan ekonomi serta kerjasama Internasional.

“Sumber daya manusia merupakan salah stau elemen penting demi kemajuan pembangunan di Provinsi Jawa Timur. Oleh karena itu, JCI East Java akan menjadi wadah bagi pengusaha-pengusaha di Provinsi Jawa Timur dimana mereka dapat belajar tentang kemampuan menjadi pemimpin dan dapat berkarya serta berkontribusi untuk lingkungan di sekitar mereka,” jelasnya.

Lebih lanjut, JCI yang juga mitra penting pemerintah dalam melaksanakan misi tersebut, membuat Wagub Emil percaya, dengan semangat untuk mengembangkan diri dan melaksanakan tanggung jawab sosial, pertemuan ini akan menghasilkan gagasan-gagasan inovatif untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan.

“Ke depan, JCI east Java dalam pembangunan ekonomi memiliki peran dan menaruh ekspetasi sangat besar baik untuk pertumbuhan ekonomi di Jatim, Asia dan dunia,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan