Berita  

Eropa Bantu Promosikan Produk UMKM Kota Mojokerto

Eropa Bantu Promosikan Produk UMKM Kota Mojokerto

Mojokerto – Jurnal Hukum Indonesia.- Dirjen Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri menawarkan Pemkot Mojokerto bergabung ke platform digital untuk mempromosikan hasil Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) milik Kota Mojokerto untuk dipasarkan di kancah internasional.

“Produk-produk milik Pemkot Mojokerto ini potensial untuk kita promosikan di manca negara. Kami ingin mencoba membantu meningkatkan ekspor Pemkot Mojokerto, khususnya kawasan Amerika Latin dan Karibia,” ujar Direktur Amerika II Direktorat Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri, Darianto Harsono, saat di home industri sepatu di Blooto, Rabu (1/6/2022).

Dikatakannya, di wilayah Amerika Latin dan Karibia (Amilatkar) terdapat kurang lebih 33 negara. Diantaranya, yang terbesar, seperti Argentina, Brazil, Mexico, Peru, Kolombia, Chili, Venezuela, dan sebagainya.

BACA JUGA :  Bangkit dan Prestasi

Hal tersebut tentu merupakan peluang besar dalam perdagangan internasional. Namun, Darianto menyampaikan bila peluang yang ada belum dimanfaatkan secara maksimal oleh produsen Indonesia. Oleh karenanya, ia gencar mendukung produk-produk lokal yang potensial untuk masuk dalam pasar perdagangan di kawasan tersebut.

Permintaan dari pasar Animator ini didominasi oleh produk alas kaki dan tekstil. Pihak Dirjen Amerika Eropa mencatat bahwa dalam kurun waktu tiga tahun terakhir permintaan terhadap produk tadi mengalami peningkatan.

Menurutnya, bahwa potensi ekspor Kota Mojokerto tidak hanya terdapat pada produk alas kaki. “Alas kaki ini memang memiliki potensi cukup besar. Tapi tidak menutup kemungkinan pada produk lain. Prioritas produk apa saja yang dipasarkan akan didiskusikan lebih lanjut dengan pihak pemerintah,” ucap Darianto.

BACA JUGA :  PGN Bidik Kerjasama Bisnis dan Peningkatan Pemanfaatan Gas Bumi di Empat Kawasan Industri Jatim

Sebagai informasi, dalam rombongan kunjungan Dirjen Amerika-Eropa kali ini, selain Darianto, juga turut serta Direktur Kerja Sama Intra Kawasan dan Antar Kawasan Amerika dan Eropa, Nidya Kartikasari, Duta Besar Azerbaijan Era SBY, Prayitno Ariyanto, serta Akademisi Pusat Kajian Amerika Latin UPN Surabaya, Ignatius Martha Hendrati.

Pasca mengunjungi gerai produk UMKM Kota Mojokerto di jalan Benteng Pancasila serta dua lokasi home industri alas kaki di Blooto, para rombongan disambut langsung oleh Wali kota Mojokerto, Ika Puspitasari di Pendopo Sabha Kridatama Rumah Rakyat Kota Mojokerto.

BACA JUGA :  Pengamat Sepak Bola: Hasil Kerja TGIPF Kanjuruhan Tidak Soroti Pitch Invasion

“Tentu, kami sangat menyambut baik tawaran kerjasama dari pihak Dirjen Amerika-Eropa. Karena kami memang memiliki komitmen untuk mengembangkan UMKM Kota Mojokerto, agar tidak hanya kaya di pasar lokal tapi juga global,” kata sosok yang akrab disapa Ning Ita ini.

Tinggalkan Balasan