Berita  

Garuda Wisnu Kencana Jadi Venue Utama KTT G20

Avatar of Jurnal Hukum Indonesia
Garuda Wisnu Kencana Jadi Venue Utama KTT G20

Bali — Jurnal Hukum Indonesia.-

Inilah sejarah menarik pembangunan kawasan Patung Garuda Wisnu Kencana.

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) menjadi venue utama pada perhelatan puncak G20 di Bali. Tempat yang dikenal sebagai ikon pariwisata Bali itu menjadi tempat jamuan makan malam bagi kepala dan delegasi yang hadir.

Tempat ini dipilih karena ada patung GWK yang merupakan patung tertinggi ke-3 di dunia. Patung itu yang berbentuk dewa Wisnu mengenakan mahkota emas dan burung garuda berukuran besar. Pembuatan patung ini mencapai Rp450 miliar pada 2018.

BACA JUGA :  Siswa MAN 2 Tasikmalaya Teliti Lalat sebagai Antikanker

Pemilihan nama Garuda Wisnu Kencana mengacu pada patung yang berbentuk dewa Wisnu mengenakan mahkota emas dan burung garuda berukuran besar, ‘kencana’ sendiri memiliki arti ‘emas’.

Dewa Wisnu dalam agama Hindu ini dipercaya sebagai dewa pemelihara atau ‘sthiti’. Sedang burung Garuda yang dikendarainya menjadi bagian dari kisah Garuda dan Kerajaannya, yang bercerita tentang rasa bakti dan pengorbanan burung Garuda dalam menyelamatkan ibunya dari perbudakan, yang ketika itu ia dilindungi oleh Dewa Wisnu.

Patung Garuda Wisnu Kencana digunakan sebagai patung penyambut wisatawan yang berkunjung ke Pulau Bali, hal ini dikarenakan kamu dapat melihat patung setinggi 121 meter ini dengan sangat jelas dan mengagumkan dari pesawat ketika memasuki Pulau Bali. Hal itu karena lokasinya yang dekat dengan bandara Ngurah Rai Bali.

Tinggalkan Balasan