Berita  

Gelar FGD, Upaya Pemkab Bangkalan Persiapkan Buffer Stock Pangan Daging Nasional

Avatar of Jurnal Hukum Indonesia
Gelar FGD, Upaya Pemkab Bangkalan Persiapkan Buffer Stock Pangan Daging Nasional

Bangkalan — Jurnal Hukum Indonesia.-

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) tentang persiapan Bangkalan sebagai buffer stock pangan daging nasional. Acara yang dilaksanakan di Hotel Garden Palace Surabaya tersebut dibuka langsung oleh Plt Bupati Bangkalan Drs Mohni MM.

Acara ini juga melibatkan Perangkat Daerah terkait, perwakilan DPRD Bangkalan, Prof. Dr. Ir. Kusmartono dari Universitas Brawijaya, Direktur BUMD Bangkalan dan Tim Percepatan Pembangunan Bangkalan.

Pelaksanaan FGD ini bertujuan untuk menjaring berbagai masukan dari berbagai pihak sebagai upaya pengembangan kawasan Bangkalan di bidang pertanian serta nasional feed stock center yang dapat menyuplai kebutuhan daging nasional.

“Pengembangan bidang pertanian khususnya di bidang peternakan ini sangat potensial, mengingat Bangkalan memiliki potensi peternakan sapi potong dan juga didukung wacana pelabuhan Kamal sebagai pelabuhan ternak sapi,” kata Mohni.

Mohni menjelaskan pengembangan yang dilaksanakan di bidang peternakan juga sebagai salah satu upaya dalam memberdayakan potensi lokal yang ada di Bangkalan. Karena itu diharapkan nantinya buffer stock sapi tetap berkonsep membina produk lokal.

“Nanti kami juga akan menerbitkan regulasi dimana perusahan penggemukan (Feedloter) menjalin kemitraan dengan peternak lokal. Konsepnya peternak menyediakan kandang dan perusahaan feedloter menyediakan sapinya. Dengan konsep tersebut, selain dapat menjadi upaya dalam ketahanan pangan juga dapat menjadi media dalam upaya peningkatan perekonomian masyarakat,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Wakil Bupati Blitar Rahmad Santoso Dan Dandim 0808 Blitar Sapto Dwi Priyono, Menghadiri Liga Santri Kasad Tahun 2022 Di Kodam V Brawijaya

Tinggalkan Balasan