Berita  

Gubernur Jatim Terima Penghargaan Nirwasita Tantra

Gubernur Jatim Terima Penghargaan Nirwasita Tantra

Jakarta – Jurnal Hukum Indonesia.- Kepedulian Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa terhadap pengelolaan lingkungan dan hutan mendapat apresiasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Apresiasi tersebut diberikan KLHK dalam bentuk penghargaan Nirwasita Tantra 2021.

Gubernur Khofifah meraih penghargaan Nirwasita Tantra kategori kepala daerah peringkat ketiga dalam pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kehutananan Daerah Tahun 2021. Tak hanya itu, Provinsi Jatim juga mendapat piagam penghargaan terbaik II kriteria pemerintahan daerah kategori provinsi.

Penghargaan tersebut diterima oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Prov. Jatim, Ardo Sahak mewakili Gubernur Khofifah di Auditorium Dr. Ir. Soejarwo, Gedung Manggala Wana Bakti Jakarta, Rabu (20/7).

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Alue Dohong menyerahkan Penghargaan Kalpataru tahun 2022 kepada 10 orang penerima dan Penghargaan Nirwasita Tantra tahun 2021 kepada 42 orang kepala daerah.

BACA JUGA :  Bareskrim Polri Mendalami Paymet Gateway Binomo di Indonesia, Meski Server di Luar Negeri

Penghargaan ini merupakan wujud apresiasi pemerintah kepada para pemimpin daerah dan pejuang lingkungan yang telah menjadi ujung tombak/garda terdepan dalam upaya pemulihan dan pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan di Indonesia.

Penghargaan ini secara rutin diberikan oleh KLHK, kepada mereka yang telah terbukti memiliki kepedulian, komitmen, prakarsa, inovasi, motivasi, dan kreativitas secara berkelanjutan, sehingga berdampak positif terhadap ekonomi, sosial dan lingkungan.

“Para pemimpin dan pejuang lingkungan hidup peraih penghargaan ini diharapkan menjadi contoh, inspirasi, dan pemicu yang mendorong inisiatif dan partisipasi individu atau kelompok masyarakat lainnya secara lebih luas,” ujar Wakil Menteri (Wamen) LHK, Alue Dohong dalam arahannya pada acara ini.

BACA JUGA :  Menutup Sementara Pasar Hewan, Lamongan Waspadai Lonjakan Angka Penularan Penyakit Mulut dan Kuku

Wamen Alue juga menyatakan jika selain dengan memberikan penghargaan terhadap para pemimpin daerah dan pejuang lingkungan, Pemerintah juga terus mengupayakan berbagai inisiatif dalam menjaganya keberlanjutan lingkungan salah satunya dengan inisiatif menjadikan sektor FOLU (Forest and other Land Uses) sebagai Net Sink di tahun 2030 melalui Indonesia’s FOLU Net Sink 2030.

Penghargaan Nirwasita Tantra tahun 2021 diserahkan kepada 42 pemimpin daerah terbaik yang dibedakan dalam kategori Provinsi, Kabupaten Besar, Kabupaten Sedang, Kabupaten Kecil, Kota Besar, Kota Sedang dan Kota Kecil. Tiap Kategori diberikan kepada 3 Kepala Daerah terbaik, 3 DPRD terbaik, dan 5 Pemerintahan terbaik.

Penetapan penerima penghargaan Nirwasita Tantra tahun 2021 adalah berdasarkan Surat Keputusan Menteri LHK Nomor 161, 162 dan 553. Nirwasita Tantra adalah penghargaan pemerintah yang diberikan kepada kepala daerah yang dalam kepemimpinannya berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan sesuai prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan sehingga mampu memperbaiki kualitas lingkungan hidup.

BACA JUGA :  Bareskrim Polri Instruksikan Polda Kalsel Tindak Tambang Ilegal yang Terobos Police Line

Sejak mulai diselenggarakannya Penghargaan Nirwasita Tantra pada tahun 2016 dan berjalan sampai dengan tahun ini tercatat sebanyak 1137 peserta penerima yang dilihat dari jumlah pengirim Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) kepada KLHK, yang terdiri dari 145 Provinsi, 691 Kabupaten, dan 301 Kota. Pada tahun 2021 proses penentuan pemenang dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu pengiriman dokumen, penapisan tahap awal, penapisan tahap 2, dan pembuatan video klarifikasi, dan pengumuman pemenang.

Tinggalkan Balasan