Berita  

Gubernur Khofifah: Jatim Butuh Pusat Distribusi Regional, Gudang Pintar Jawabannya

Avatar of Jurnal Hukum Indonesia
Gubernur Khofifah: Jatim Butuh Pusat Distribusi Regional, Gudang Pintar Jawabannya

Surabaya – Jurnal Hukum Indonesia.- Sebagai salah satu provinsi terbesar di Indonesia, Jawa Timur dengan 38 Kabupaten/Kota yang dimiliki membutuhkan pusat distribusi regional. Kebutuhan tersebut, salah satunya bisa dipenuhi oleh Gudang Pintar Dilayani Tokopedia Jawa Timur.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat meresmikan Gudang Pintar Tokopedia Jawa Timur yang berlokasi di Tambak Osowilangun, Surabaya, Kamis (20/10/2022).

“Per Semester 2, kontribusi sektor perdagangan di Jatim adalah sebesar 18,49 persen, terbesar kedua setelah industri pengolahan. Saya berharap penguatan sektor perdagangan di Jatim akan meningkat lebih signifikan lagi,” kata Gubernur Khofifah kepada awak media.

BACA JUGA :  Andi Kusmanto Ketua Lembaga KPK Nusantara Sumenep : Berbagi Itu Indah

Ia pun menerangkan bahwa pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur diupayakan untuk tumbuh inklusif. Artinya, setiap pertumbuhan ekonomi akan memberikan signifikansi terhadap penurunan kemiskinan dan tingkat pengangguran terbuka.

“Pada periode Maret 2021-2022 secara year on year, penurunan kemiskinan di Jatim tertinggi turunnya di antara seluruh provinsi di Indonesia. Jadi secara nasional, kita mengalami penurunan kemiskinan 28 persen lebih. Kerja sama ini akan menjadi bagian dari penguatan itu,” imbuhnya.

Selain itu, Gubernur Khofifah pun menggarisbawahi peranan penting sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah UMKM terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jatim. Pasalnya di tahun 2021, kontribusi UMKM sebesar 57,81% terhadap PDRB Jatim.

BACA JUGA :  Kericuhan Usai Laga Arema vs Persebaya

“Dengan adanya partnership UMKM dan Tokopedia dengan pendampingan dan kurasi seperti ini, seluruh produk UMKM akan memiliki standar yang lebih baik. Ini menjadi penting. Jadi bukan hanya penguatan ekonomi, tetapi juga peningkatan kualitas produk yang dihasilkan dari pelaku UMKM di Jatim,” pungkasnya.

Penulis: IswandiEditor: IDHAM

Tinggalkan Balasan