Berita  

Gubernur Khofifah Pastikan Keamanan dan Kelancaran Arus Lalu Lintas Selama Libur Lebaran

Gubernur Khofifah Pastikan Keamanan dan Kelancaran Arus Lalu Lintas Selama Libur Lebaran

Gubernur Khofifah bersama Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf turun langsung meninjau Posko Pelayanan Ops. Ketupat Semeru

Surabaya — Jurnal Hukum Indonesia.–

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa terus memaksimalkan seluruh kesiapan dan kesiapsiagaan selama liburan lebaran Hari Raya Idulfitri 1444 H. Gubernur Khofifah bersama Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf turun langsung meninjau Posko Pelayanan Ops. Ketupat Semeru di Taman Bungkul dan Suramadu.

Upaya tersebut dilakukannya untuk memastikan keamanan dan kelancaran arus lalu lintas selama momen Idul Fitri yang diikuti dengan mudik lebaran dan cuti bersama serta arus balik pasca lebaran.

Di Taman Bungkul, gubernur yang akrab disapa Khofifah itu mengecek CCTV pada sejumlah ruas jalan di Surabaya. Di kota ini, sekitar 1.156 CCTV tersedia untuk memantau pergerakan lalu lintas.

Dari pantauan beberapa CCTV di sekitaran Taman Bungkul, dilaporkan ada penurunan arus lalu lintas sekitar 5,4%. Penurunan tersebut terjadi sejak pemberangkatan mudik bersama gratis yang memberangkatkan 90 bus pemudik pada 19 April 2023 lalu serta beberapa bus lain dari berbagai kampus di Surabaya

BACA JUGA :  Ketua DPD RI Ingatkan Pentingnya Sistem Pengawasan Distribusi Pupuk Subsidi

“Alhamdulillah, ini yang kami harapkan dari program Mudik Gratis. Agar arus lalu lintas terkendali dan potensi kecelakaan menurun,” ujar Gubernur Khofifah.

Sementara, pada Pos Pelayanan di Suramadu sisi Surabaya, Gubernur Khofifah mengecek kesiapsiagaan petugas. Dirinya ingin memastikan, pos tersebut memiliki fasilitas yang dapat memenuhi kebutuhan petugas.

“Mereka ini rela jauh dari keluarga dan tetap bertugas di saat lebaran. Jadi saya dan Pak Kapolda juga Pak Pangdam ingin memastikan kebutuhan mereka cukup. Agar pengamanan bisa maksimal dan layanan masyarakatnya juga baik,” terangnya.

Di Pos Suramadu tersebut, terdapat ruang istirahat, rapat, dan toilet serta musholla.

Lebih jauh, Gubernur Khofifah memuji kedua pos yang dikunjunginya serta para petugas yang berjaga. Dikatakannya, baik pos maupun petugas sudah mencapai standar sangat baik.

BACA JUGA :  Tidak Puas dengan Kinerja P2KD Karang Anyar, Kuasa Hukum Iskandar Mengadu Kepada TFPKD Bangkalan

“Terima kasih atas pengabdiannya. Berkat para petugas dan pos-pos ini, Alhamdulillah keamanan terkendali dan kita bisa mudik maupun berlebaran dengan tenang dan tentu berddo’a arus balik juga aman lancar semua,” pungkasnya.

Kepada masyarakat, Gubernur Khofifah menghimbau untuk tetap tertib dan menjaga suasana kondusif. Agar jangan sampai euforia lebaran menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Apresiasi Kerja Keras Jajaran Polri dan Instansi Terkait

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Khofifah mengapresiasi kerja keras jajaran Polri termasuk Polda Jatim di dalamnya dan instansi terkait yang membantu mengatur lalu lintas (lalin) selama mudik dan nanti saat arus balik. Bahkan angka kecelakaan lalu lintas juga menurun pada momen mudik.

Berdasarkan hasil monitoring dari Ditlantas Polda Jatim, pada momen mudik Lebaran tahun 2023, angka kecelakaan lalu lintas hingga hari ke-3 turun 3 persen, dari yang sebelumnya 199 kini menjadi 196.

“Dari 196 angka kecelakaan tersebut, fatalitas korban juga menurun hingga 56 persen. Dari 16 orang meninggal dunia menjadi 9 orang. Semoga kondisi ini terjaga terus sampai arus balik nanti, suasana aman dan kondusif,” jelasnya.

BACA JUGA :  Kembangkan Komoditas Hewan Kesayangan Pemkab Lamongan Bekali Dengan Vaksin Rabies

Menurut Gubernur Khofifah, keberhasilan ini tidak lepas dari kinerja dan sinergi aparat dilapangan yang tergelar hampir disemua titik rawan, juga tidak lepas dari meningkatnya kesadaran hukum masyarakat oleh sebab itu apresiasi juga di berikan kepada masyarakat.

“Kami dari Pemprov Jatim mengapresiasi kesiapsiagaan dan kerja keras dari jajaran Polri dan instansi terkait selama arus mudik dan arus balik nanti. Dan alhamdulillah juga mampu menurunkan angka kecelakaan lalu lintas (lakalantas) selama mudik,” puji Gubernur Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Minggu (23/4/2023).

“Tetap semangat dan waspada karena setelah arus mudik ada arus balik. Semoga para aparatur negara baik Polri, TNI dan instansi terkait lainnya tetap sehat dan tetap berupaya memberikan yang terbaik buat masyarakat,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan