Berita  

Hari Santri Nasional, Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan

Avatar of Jurnal Hukum Indonesia
Hari Santri Nasional, Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan

Lamongan — Jurnal Hukum Indonesia.- Peringati hari santri nasional tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Lamongan menggelar upacara di Alun-Alun Lamongan, Sabtu (22/10). Upacara yang diikuti para santri dari ponpes di seluruh Lamongan ini, mengambil tema ‘Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan’ menggambarkan bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia.

Sebab, dalam sejarahnya santri dengan berbagai latar belakang selalu hadir dalam setiap perjuangan Indonesia. Ketika masa penjajahan, santri turun langsung ke medan peran melawan penjajah dengan bambu runcing, bahkan hingga pasca kemerekaanpun, tidak menyurutkan semangat para santri untuk berperan aktif di dunia perpolitikan, pendidikan, sosial, ekonomi, ilmu pengetahuan, serta agama, untuk kemajuan Indonesia.

BACA JUGA :  Habib Hasan Bin Syekh Abu Bakar Salim: Musibah Ini Diluar Dugaan Siapapun, Jangan Saling Menyalahkan

Terlebih, santri mempunyai prinsip bahwa menjaga
martabat kemanusiaan atau hifdzunnafs merupakan esensi dari ajaran agama serta menjaga Indonesia.

“Meski bisa menjadi apa saja, santri tidak melupakan tugas utamanya, yaitu menjaga agama itu sendiri. Santri selalu mengedepankan nilai-nilai agama dalam setiap perilakunya. Bagi santri, agama adalah mata air yang selalu mengalirkan inspirasi-inspirasi untuk menjaga dan menjunjungtinggimartabat kemanusiaan,” kata Bupati Lamongan Yuhronur Efendi saat membacakan sambutan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

Selain itu, Pak Yes sapaan akrab Bupati Lamongan berharap, dalam menjaga martabat kemanusiaan di Lamongan, para santri di harapkan dapat mengimbangi dengan peningkatan kapasitas, kemampuan, kapabilitas, melalui pendidikan di sekolah, di pondok pesantren, maupun lain sebagainya

BACA JUGA :  Mengapa TV Analog Harus Beralih ke Digital?

Pada kesempatan yang sama, dalam peringatan tersebut, juga dimeriahkan dengan berbagai penampilan dari para santriwan santriwati Lamongan mulai dari menyanyikan lagu religi, tari saman, dan penampilan sholawat santri bela negara.

Tinggalkan Balasan