Berita  

Jelang KTT G20, Polisi Jaga Ketat Akses Keluar Masuk Bali

Avatar of Jurnal Hukum Indonesia
Jelang KTT G20, Polisi Jaga Ketat Akses Keluar Masuk Bali

Singaraja — Jurnal Hukum Indonesia.-

Jelang KTT G20, aparat keamanan mulai menjaga ketat seluruh akses keluar masuk Bali. Operasi pengamanan di pintu keluar masuk Bali juga dilakukan oleh Polres Buleleng melalui Operasi Puri Agung 2022.

Operasi ini dimulai dengan kegiatan apel gelar pasukan yang dipusatkan di Pelabuhan Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, Senin (07/11/22).

“Keberhasilan Presidensi G20 Indonesia akan meningkatkan kredibilitas Indonesia di mata dunia,” terang Kapolres Buleleng, AKBP I Made Dhanuardana dikutip dari nusabali.com.

Presidensi G20 Indonesia membawa harapan di tengah ketidakpastian global yang dihadapi seluruh dunia. Disrupsi teknologi informasi, pandemi COVID-19, dan perang Rusia-Ukraina menyebabkan sejumlah negara berada dalam situasi sulit. Melalui tema Recover Together, Recover Stronger, KTT G20 diharapkan dapat memberikan solusi perdamaian dan pemulihan dunia yang lebih inklusif.

BACA JUGA :  Soedroen Kirim Bantuan Peduli Semeru

“Polri dituntut untuk menampilkan pengamanan yang humanis dan ramah, namun tetap tegas. Kunci keberhasilan pengamanan ini adalah soliditas dan keterpaduan antara unsur-unsur terkait,” ungkap Perwira Menengah Polres Buleleng.

Beberapa unsur dilibatkan dalam operasi pengamanan ini, tak terkecuali masyarakat seperti elemen Pecalang dan Linmas. Pengamanan di Pelabuhan Celukan Bawang juga disokong Pelindo Celukan Bawang Kantor Kesyahbandaran Polsek Kawasan Pelabuhan Celukan Bawang, serta 4 desa yang menjadi wilayah penyangga pelabuhan.

“Pengamanan ini kami melibatkan peran serta masyarakat. Pelabuhan Celukan Bawang sebagai pelabuhan terbesar di Bali Utara dan pintu masuk Bali tentu dijaga ketat. Kami konsentrasi terhadap potensi gangguan perhelatan KTT G20, melakukan pemeriksaan terhadap lalu lintas orang, benda dan barang termasuk melakukan kegiatan pencegahan atau preventif dengan menggelar razia,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan