Berita  

Kegunaan CCTV Lampu Merah

Kegunaan CCTV Lampu Merah

Jurnal Hukum Indonesia.- Kamera pengintai kini makin banyak saja penggunaannya. Terutama untuk keperluan pantauan lalulintas, kamera yang juga kerap disebut CCTV (Closed Circuit Television) ini sangat berguna.

CCTV lampu merah bahkan punya banyak manfaat. Bahkan di beberapa negara maju, CCTV lampu merah berguna untuk menegakkan peraturan lalulintas. Dengan demikian kehadiran teknologi tersebut bisa dibilang mulai menggantikan kehadiran petugas di lapangan.

Manfaat kamera CCTV memang cukup banyak jika kita bicara dalam ranah lalulintas.
1. Tilang Elektronik
Tilang elektronik atau yang terkenal dengan singkatan E-TLE menjadikan kamera pengawas sebagai basis sistem utamanya. Seperti tilang elektronik memanfaatkan puluhan kamera CCTV.

BACA JUGA :  Bupati Jember Hendy Dampingi Gubernur Jatim Tinjau Daerah Terdampak Gempa di Jember

CCTV lampu merah dan yang terpasang di berbagai lokasi ini siap mengabadikan
pelanggaran yang terjadi. Mulai dari pelanggaran tidak mengenakan sabuk keselamatan bisa direkam oleh E-TLE.
2. Bukti kejahatan
Mirip dengan tilang elektronik, CCTV juga bukan cuma bisa menjadi bukti pelanggaran lalu lintas. Kamera CCTV juga bisa dimanfaatkan untuk merekam kejahatan di jalan raya. Hasil dari rekaman tersebut bisa menjadi bukti untuk kebutuhan penyelidikan pihak berwajib. Tak sedikit kasus kejahatan di jalan raya yang terekam CCTV bisa terungkap.

BACA JUGA :  TIM DVI Serahkan 7 Jenazah Korban APG Gunung Semeru pada Pihak Keluarga

3. Mengetahui kondisi lalulintas
Dengan adanya kamera CCTV lampu merah tentu dengan mudah kita bisa mengetahui kondisi lalu lintas di tempat tersebut. Namun untuk mendapatkan layanan pantauan lalu lintas tersebut tentu harus ada koneksi yang baik. Dengan mengetahui keadaan atau kondisi lalu lintas tersebut tentu membuat kita bisa menghindari misal sedang terjadi kemacetan.

4. Mengurangi kerugian akibat bencana alam Dengan keadaan yang terekam dan tersiarkan dari CCTV lampu merah, bisa membuat kita terhindarkan dari kejadian bencana alam. Salah satunya adalah banjir. Dengan mengetahui keadaan jalan yang dipantau CCTV ternyata ada tanda-tanda banjir, tentu para pengguna jalan yang mengetahuinya bisa menghindari dan terhindar dari kerughian akibat bencana
tersebut.

BACA JUGA :  Jika Situasi Pandemi Semakin Terkendali, 2022 Indonesia Bisa Bangkit dan Pulih

5. Membuat jalan raya lebih aman
Dengan tersebarya CCTV lampu merah dan yang berada di lokasi lainnya, tentu membuat para pengguna jalan dan masyarakat jadi lebih disiplin. Ini karena mereka akan merasa terawasi. Namun dengan catatan, seluruh kamera CCTV tersebut harus selalu berfungsi
dengan baik. Jika tidak tentu hanya jadi hiasan belaka.

Nara Sumber : LEMBAGA SANDYA KARA PRAWARA (SKP LAW FIRM)
Youtube : SKP LAW FIRM

Tinggalkan Balasan