Berita  

Kejurnas Subaquatic Piala Gubernur Jatim Ajang Seleksi Atlet Masuk Pelatnas

Avatar of Jurnal Hukum Indonesia
Kejurnas Subaquatic Piala Gubernur Jatim Ajang Seleksi Atlet Masuk Pelatnas

Kejurnas Subaquatic Piala Gubernur Jatim 2022

Surabaya – Jurnal Hukum Indonrsia.–

Kejuaraan Nasional Subaquatic Piala Gubernur Jatim yang digelar Kolam Renang Saygon 1-4 Desember 2022 menjadi kesempatan bagi atlet selam untuk meraih prestasi dan sekaligus kesempatan untuk bisa menembus Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) SEA Games Kamboja 2023.

Dari rilisnya, Sabtu (3/11/2022) Sekjen PB Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Laksma TNI Rubiyanto, SE, M.M, CHRMP, CFrA saat ditemui dilokasi lomba menjelaskan, selain untuk pembinaan atlet event ini juga dimanfaatkan oleh PB POSSI untuk ajang promosi dan degradasi (Promdeg) atlet Pelatnas.

“Selain untuk ajang pembinaan Kejurnas ini juga untuk Promdeg dan menjaring atlet Pelatnas,” terangnya.

Ia juga menjelaskan untuk Pelatnas tahap 1 diikuti 16 atlet, 14 atlet itu adalah yang turun di SEA Games Vietnam dan dua atlet lainya direkrut dari hasil World Cup Finswimming’s 2022 di Phuket, Thailand.

BACA JUGA :  Residivis Curanmor Kembali Beraksi, Tidak Butuh Waktu Lama Berhasil Diringkus Satreskrim Polrestabes Surabaya

Jatim menjadi penyumbang atlet terbanyak di Pelatnas dengan tujuh atlet. Mereka adalah Dio Novandra Wibawa, Wahyu Anggoro Tamtomo, Petrol Apostle Kambey, Bima Dea Sakti Antono, Janis Rosalita Suprianto, Vania Elvira Elent Rahma, dan Andhini Muthia Maulidia.

Ia berharap ada tambahan 8 atlet untuk dimasukkan di Pelatnas tahap 2, sehingga total berjumlah 24 atlet.

“Saat ini kita menggelar Pelatnas tahap 1 yang diikuti 16 atlet. Kalau ada atlet yang memiliki catatan waktu yang bagus di Kejurnas, kita akan koordinasi dengan NOC dan Kemenpora untuk ikut Pelatnas tahap 2,” kata Rubiyanto.

Nantinya akan ada Promdeg lagi antara Pelatnas tahap 1 dan tahap 2 untuk penentuan atlet yang turun di SEA Games,” tambahnya.

“Tambahan 8 atlet itu akan kita ambil dari Kejurnas ini dan saya sudah melihat ada dua atlet yang memiliki catatan waktu mendekati bahkan melebihi atlet Pelatnas,” katanya.

Seperti diketahui pada SEA Games Vietnam, atlet selam berhasil menyumbangkan 3 emas, 6 perak dan 3 perunggu untuk Kontingen Indonesia. Melihat prestasi itulah PB POSSI akan berupaya untuk meningkatkan prestasi di SEA Games Kamboja.

BACA JUGA :  Pansel Buka Pendaftaran Calon Anggota Dewan Pengawas LPP TVRI Tahun 2022 – 2027

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Kejurnas Subaquatic Piala Gubernur Jatim, Andy Lukito mengatakan Kejurnas kali ini diikuti oleh 909 atlet. “Awalnya kita target 600 namun ternyata jumlah peserta meningkat hingga 909 atlet,” katanya.

Ia juga mengatakan kalau Kejurnas Piala Gubernur Jatim agenda rutin yang sudah masuk kalender kegiatan di PB POSSI.

Tinggalkan Balasan