Berita  

Kemudahan Akses Pendidikan di Jatim 2021 Masih Terpusat di Kota

Avatar of Jurnal Hukum Indonesia
Kemudahan Akses Pendidikan di Jatim 2021 Masih Terpusat di Kota

Jatim – Jurnal Hukum Indonesia.–

Kemudahan mengakses pendidikan ternyata masih terpusat pada beberapa wilayah kota sehingga pada wilayah perkotaan ini rata-rata lama sekolah untuk penduduk usia 15 tahun ke atas cukup tinggi. Di hampir seluruh wilayah perkotaan di Jawa Timur ini memiliki rata-rata lama sekolah 10 tahun atau lebih atau setara kelas 1 SMA/sederajat.

Melansir laman resmi BPS Jatim dalam laporan Statistik Pendidikan Provinsi Jawa Timur 2021 pada tanggal 19 Desember 2022, tercatat bahwa pada tahun 2021, hampir semua kabupaten di Jawa Timur kecuali Kabupaten Sampang sudah mempunyai nilai rata-rata sekolah di atas 6.

“Hal ini menunjukkan bahwa penduduk di semua Kabupaten/Kota di Jawa Timur rata-rata sudah menyelesaikan wajib belajar sampai dengan SD/Sederajat,” kata Kepala BPS Jatim, Dadang Hardiwan.

Salah satu indikator kualitas penduduk dari dimensi pendidikan dapat dilihat dari indikator rata-rata lama sekolah. Semakin tinggi rata-rata lama sekolah menunjukkan bahwa semakin banyak jumlah tahun standar yang telah dihabiskan seseorang untuk menamatkan suatu jenjang pendidikan.

Angka rata-rata lama sekolah adalah rata-rata jumlah tahun yang dihabiskan oleh penduduk untuk menempuh semua jenis pendidikan formal yang pernah dijalani. Lamanya Sekolah atau years of schooling, adalah suatu angka yang menunjukkan lamanya bersekolah seseorang mulai dari masuk pada jenjang sekolah dasar sampai dengan jenjang pendidikan terakhir.

BACA JUGA :  Kerancuan Memahami Buah Hati

Tinggalkan Balasan