Berita  

Kenali Lokasi Kamera CCTV di Jalan Tol

Kenali Lokasi Kamera CCTV di Jalan Tol

Jurnal Hukum Indonesia.- Polri akan memberlakukan sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) bagi pengguna jalan tol yang melebihi batas kecepatan 120 km per Jam mulai 1 April 2022. Kedua instansi penegak hukum di jalan tol (Korlantas Polri dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk.) ini akan menerapkan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di jalan bebas hambatan mulai 1 April 2022.

Aturan itu menentukan batas minimal dan maksimal laju kecepatan kendaraan bermotor roda empat atau lebih saat melaju di jalan tol. Yakni minimal 60 kilometer per jam (kpj) hingga 100 kpj. Kamera pengintai akan merekam plat nomor kendaraan pelanggar aturan kecepatan di jalan tol yang telah dipasang di beberapa titik.

BACA JUGA :  Polda Jateng Berhasil Ungkap 332 Kasus Curanmor, Kapolda Jateng : Silahkan Masyarakat datang ke Polres mengambil Motornya, Gratis

Aturan tersebut diperkuat dengan Peraturan Menteri Perhubungan tentang Tata Cara Penetapan Batas Kendaraan pasal 3 ayat 4 pada pasal 23 ayat 4, disebutkan bahwa batas kecepatan di jalan tol yaitu 60 hingga 100 kilometer per jam (kpj), sesuai dengan rambu lalu lintas yang terpasang. Dasar penerapan tilang batas kecepatan ini adalah Undang-Undang No. 22 Tahun 2009
tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Kendaraan yang melanggar batas kecepatan akan terjerat Pasal 287 ayat (5) Undang-undang tersebut.

Nara Sumber : LEMBAGA SANDYA KARA PRAWARA (SKP LAW FIRM)
Youtube : SKP LAW FIRM

Tinggalkan Balasan