Berita  

Kesandung Kasus Korupsi APBDes, Polisi Tetapkan 4 Orang Tersangka Perangkat Desa Karang Gayam

Kesandung Kasus Korupsi APBDes, Polisi Tetapkan 4 Orang Tersangka Perangkat Desa Karang Gayam

Bangkalan — Jurnal Hukum Indonesia.- Melalui Unit Reskrim Polres Bangkalan berhasil mengungkap penyalahgunaan dan penyelewengan Dana Desa (DD) serta Anggaran Dana Desa (ADD) yang telah merugikan negara milyaran rupiah pada desa Karang Gayam kecamatan Blega kabupaten Bangkalan. Polisi juga mengamankan 4 orang tersangka yang merupakan dalang dari permainan tidak sehat dan melanggar hukum yang dilakukan oleh beberapa perangkat desa.

Kapolres Bangkalan AKBP Wiwit Ari Wibisono membenarkan bahwa sudah ada laporan masuk dugaan proyek fiktif yang dilakukan oleh perangkat desa Karang Gayam kecamatan Blega pada tanggal 7 Oktober 2021.

Kesandung Kasus Korupsi APBDes, Polisi Tetapkan 4 Orang Tersangka Perangkat Desa Karang Gayam

Atas perbuatan mereka negara mengalami kerugikan sebesar Rp 587.339.400,-
Kapolres Wiwit juga mengatakan, beberapa modus yang telah dilakukan mereka adalah pembelanjaan dan kegiatan fiktif dalam pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Karang Gayam tahun 2016 yang bersumber dari DD dan ADD. Kemudian perangkat desa dan ketua BPD tidak mengetahui tugas dan tanggung jawab dalam hal pengelolaan APBDes dan turut serta melakukan pengelolaan tanpa pertanggungjawaban yang jelas, ungkap Kapolres yang baru menjabat beberapa hari tersebut.

BACA JUGA :  Kompak Masuk Bui, ini Yang Dilakukan Dua Perempuan Asal Surabaya

Hasil penyelidikan petugas berhasil mengumpulkan beberapa alat bukti yang kuat diantaranya adalah,
1(.Perdes tentang APBDes Karang Gayam tahun 2016 serta dokumen-dokumen terkait pencairan APBDes Karang Gayam tahun 2016.
2). Dokumen-dokumen terkait SK pengangkatan jabatan PJ Kades, Bendahara, Sekretaris Desa dan Ketua BPD Karang Gayam tahun 2016.
3). Uang tunai sebesar 150 juta rupiah.

Dari beberapa modus dan alat bukti yang kuat ini polisi mengamankan dan menetapkan 4 orang sebagai tersangka,, mereka adalah;
1. RS (P, 57 thn), islam, PNS, Pj, Kades Karang Gayam, tahun 2016.
2. ZA (L, 50 thn), islam, petani, Bendahara Desa Karang Gayam tahun 2016.
3. US (L, 62 thn), islam, PNS Pensiun, Sekretaris Desa Karang Gayam tahun 2016.
4. MH (L, 45 thn), islam, Kades Karang Gayam, Ketua BPD, tahun 2016.

BACA JUGA :  Menhan Prabowo Tegaskan ASABRI Instrumen Vital untuk Pelihara Moril Prajurit

Mantan Kapolres Pacitan ini juga menambahkan dengan adanya tindak pidana korupsi ini, 4 orang tersangka dijerat dengan pasal 2 ayat (1) dan atau pasal 3 UU RI nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.
Selain itu tersangka dapat diancam pidana pasal 2 ayat (1) dengan hukuman penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 20 tahun, juga dapat diancam pidana pasal 3 dengan hukuman penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama5 tahun dan atau denda paling sedikit 50 juta rupiah dan paling banyak 1 Milyar rupiah.

Tinggalkan Balasan