Berita  

Ketahui dan Pahami Batas Kota Surakarta

Ketahui dan Pahami Batas Kota Surakarta

Surakarta — Jurnal Hukum Indonesia.- Kota Surakarta merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Letak astronomisnya berkisar antara 110° 45’ 15”dan 110°45’ 35” bujur timur dan antara 7°36’ dan 7°56’ lintang selatan. Keseluruhan wilayah Kota Surakarta adalah dataran rendah dengan ketinggian 105 m dpi dan di pusat kota 95 m dpi. Luas wilayahnya mencapai 44,1 kilometer persegi yang jika dipersentasekan sebesar 0,14% dari luas Provinsi Jawa Tengah.

Letak geografi Kota Surakarta berada sekitar 65 km timur laut dari D.I. Yogyakarta dan 100 kilometer tenggara dari Semarang. Selain itu, Surakarta juga dikelilingi Gunung Merbabu dan Merapi yang tingginya mencapai 3115 meter di bagian barat, dan Gunung Lawu dengan tinggi 2806 meter di bagian timur.

BACA JUGA :  Abipraya Siap Berkontribusi Dukung Kinerja Kepengurusan KNI-BB

Kota Surakarta memiliki tanah yang subur, sebab ladang, perkebunan, dan areal persawahannya tercukupi pengairan dari adanya sungai-sungai yang melintasi kota ini. Diantaranya Sungai Bengawan Solo, yang merupakan sungai terpanjang di Jawa. Serta dilewati oleh Kali Anyar, Kali Pepe. dan Kali Jenes.

Kota Surakarta sendiri terbagi dalam lima kecamatan. Adapun kecamatan tersebut, meliputi Kecamatan Laweyan (terdiri 11 kelurahan), Serengan (terdiri 7 kelurahan), Pasar Kliwon (terdiri 9 kelurahan), Jebres (terdiri 11 kelurahan) dan Banjarsari (terdiri 13 kelurahan). Adapun batas-batas wilayah Kota Surakarta menjangkau di sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Boyolali, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar, sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Sukoharjo dan di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Sukoharjo.

BACA JUGA :  Presiden Jokowi Sampaikan Sejumlah Poin Penting Terkait Isu Myanmar

Itulah beberapa batas wilayah Kota Surakarta yang harus kamu ketahui. Sekarang, tak perlu khawatir lagi untuk membedakan wilayah yang masuk Kota Surakarta maupun bukan. Yuk, jalan-jalan ke Solo!

Tinggalkan Balasan