Berita  

Kirab Budaya Semarakkan Hari Jadi ke 491 Kabupaten Bangkalan

Avatar of Jurnal Hukum Indonesia
Kirab Budaya Semarakkan Hari Jadi ke 491 Kabupaten Bangkalan

Bangkalan — Jurnal Hukum Indonesia.- Ribuan masyarakat Bangkalan tampak antusias menyaksikan pawai kirab budaya yang kembali di gelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan setelah dua tahun vakum akibat pandemi Covid-19.

Meskipun diguyur hujan, sepanjang jalur yang dilalui kirab budaya tampak dipadati oleh masyarakat yang antusias menyaksikan kontes tahunan itu.

Kirab budaya yang menampilkan berbagai khazanah seni dan budaya lokal dari 18 Kecamatan di Kabupaten Bangkalan tersebut dibuka secara langsung oleh Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron bersama Forkopimda, Perangkat Daerah dan tokoh budayawan Bangkalan.

BACA JUGA :  Kinerja Disdukcapil Jawa Timur Raih Level Terbaik Nasional

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, kirab budaya memiliki peranan penting dalam memperingati hari jadi Bangkalan. Peringatan hari jadi merupakan tonggak serta napak tilas perjalanan Kabupaten Bangkalan yang didalamnya juga terdapat banyak nilai budaya dan seni yang bisa diangkat. Sehingga masyarakat terutama generasi muda mengetahui berbagai seni dan budaya yang dimiliki.

Kirab budaya menurut Bupati juga bertujuan untuk mengekspose berbagai kekayaan nilai budaya. Dimana setiap kecamatan yang ada di Bangkalan banyak menyimpan kebudayaan yang beraneka ragam.

“Keanekaragaman ini merupakan warisan leluhur kita yang harus tetap kita lestarikan, dan kita ekspose sebagai jati diri Bangkalan sekaligus daya tarik pariwisata Bangkalan. Karena itu tema kirab budaya pada hari ini mengambil tagline Madura untuk Dunia,” jelas Bupati.

BACA JUGA :  Ingin Wujudkan Tertib Arsip, Bawaslu Teken Kerjasama Tentang Kearsipan

Bupati juga mengatakan selain menjadi hiburan bagi masyarakat, kirab budaya juga menjadi daya ungkit untuk menghidupkan sektor ekonomi masyarakat berbasis UMKM.

“Saat digelar kirab budaya antusias dari masyarakat sangat luar biasa, bahkan para pedagang juga mendapat imbas positif dari kegiatan ini dan merupakan media yang efektif dalam memajukan wisata serta sektor ekonomi masyarakat,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan