Berita  

Lazismu Taken MoU Bersama Enuma dan The Head Foundation untuk Program EdutabMu

Lazismu Taken MoU Bersama Enuma dan The Head Foundation untuk Program EdutabMu

Lazismu Taken MoU Bersama Enuma dan The Head Foundation untuk Program EdutabMu

YOGYAKARTA – Jurnal Hukum Indonesia.- Muhammadiyah sebagai organisasi yang memiliki 2.668 sekolah jenjang Pendidikan dasar secara konsisten menunjukkan kepedulian serta terjun langsung di lapangan untuk memastikan bahwa upaya peningkatan mutu Pendidikan khususnya di sekolah terus dipraktekkan, kemudian mencetuskan program EdutabMu (Edukasi Tablet Muhammadiyah).

Disampaikan Abdulah Mukti, anggota Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah bahwasannya program Edutabmu adalah salah satu program Inovasi Sosial LAZISMU di bidang pendidikan dengan pelaksana program Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah dengan menggunakan aplikasi Sekolah Enuma yang dikembangkan oleh Enuma, Inc. yang berbasis di California.

Ia menjelaskan bahwa dalam aplikasi sekolah Enuma ini, Siswa dapat belajar secara mandiri dengan bimbingan guru untuk tiga bidang pembelajaran yakni Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Matematika. Selain itu ada ratusan buku anak-anak yang dapat diakses melalui aplikasi ini, tanpa jaringan internet atau nir internet. Program diluncurkan bertepatan dengan hari Kemerdekaan RI pada 2021 yang meliputi 6 provinsi, 35 kabupaten, dan 47 sekolah dengan total penerima manfaat lebih dari 2.300 siswa.

BACA JUGA :  Presiden Jokowi Bahas Solusi Damai Perang Rusia-Ukraina dengan Sejumlah Pemimpin Negara

Program EdutabMu tahap awal kemudian mendapatkan respons positif dari berbagai pihak; sekolah yang terlibat mengharapkan bahwa Aplikasi Sekolah Enuma dapat membantu meningkatkan capaian literasi dasar siswa dan meningkatkan brand image sekolah Muhammadiyah. “Banyak sekali sekolah yang menghubungi kami dan memohon untuk diikutsertakan dalam program EdutabMu lanjutan,” jelas Mukti.

Sebagai bentuk keberlanjutan program EdutabMu, LAZISMU dan Enuma kemudian menggandeng The HEAD Foundation (THF) yang bermarkas di Singapura untuk mendukung implementasi program melalui pemberian dana hibah sebesar SGD 400.000.

BACA JUGA :  Polri Imbau Masyarakat Tidak Tergiur Promo Hoax Minyak Murah di Medsos

Kedatangan para ulama Majelis Tarjih ini disambut dengan hangat oleh Ketua dan Sekretaris LBM PBNU Mahbub Maafi dan Alai Najib. Menurut Alai Najib, hampir sebagian besar perbedaan pemikiran antara keduanya adalah berada di tataran al-umur al-far’iyyah alias permasalahan cabang. Kedua lembaga fatwa ini punya potensi dalam bekerja sama mencari kesamaan dalam menghasilkan hukum-hukum Islam.
Wan Chang Da, Chief Operating Officer (COO) THF berharap dukungan yang diberikan untuk Lazismu untuk Sekolah Muhammadiyah akan membuahkan hasil positif yang akan mendorong lebih banyak donasi dan sponsor untuk membuat aplikasi Sekolah Enuma tersedia bagi lebih banyak anak.

BACA JUGA :  Polri Periksa Klub Persija, PS Sleman dan Madura United Terkait Kasus Robot Trading Viral Blast

Sementara itu, dengan kehadiran Program Edutabmu yang didukung oleh aplikasi Sekolah Enuma, diharapkan akselerasi pembelajaran dapat dilakukan dengan efektif dan efisien khususnya untuk mengantisipasi learning loss dan tentu saja meningkatkan pencapaian literasi dasar buat siswa sekolah Muhammadiyah di seluruh Indonesia.

“Kami senang Sekolah Enuma dapat mendukung guru-guru untuk memberikan pembelajaran individual yang lebih baik untuk setiap siswa melalui pelatihan dan keterlibatan anak-anak dalam aplikasi kami. Sangat menggembirakan untuk melihat Muhammadiyah dan Lazismu memimpin gerakan inklusi digital di sekolah-sekolah,” kata Sooinn Lee, CEO Enuma, Inc dalam rilis yang terima redaksi Muhammadiyah.or.id.

Tinggalkan Balasan