Berita  

Menlu RI: 18 Negara Antre Ingin Berremu Presiden Jokowi di KTT G20

Avatar of Jurnal Hukum Indonesia
Menlu RI: 18 Negara Antre Ingin Berremu Presiden Jokowi di KTT G20

Jakarta — Jurnal Hukum Indonesia.-

KTT G20 di Bali menjadi pusat perhatian 0ad pemimpin dunia. Tak heran jika sejumlah pemimpin negara peserta ingin bertemu dengan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo (Jokowi).

Menteri Luar Negeri (Menlu) Dra. Retno Lestari Priansari Marsudi, LL.M., menyebut sudah ada 18 negara yang mengajukan pertemuan bilateral dengan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) pada Konferensi Tingkat Tinggi G20 (KTT G20).

Namun Menlu RI belum mau membeberkan daftar negara tersebut. Akan tetapi, Menlu memastikan Amerika Serikat menjadi salah satu negara dalam daftar itu.

BACA JUGA :  YUDO MARGONO: PERLUNYA MEMBANGUN NUSANTARA DARI PENGUATAN KEARIFAN LOKAL

“Untuk bilateral sejauh ini sudah, saya lupa datanya, tetapi sekitar 18-20 (perwakilan negara). Kita akan melakukan bilateral dengan Amerika. pihaknya sedang mengatur jadwal pertemuan bilateral tersebut. Dia berkata kemungkinan sebagian pertemuan tak digelar di sela-sela KTT G20,” jelasnya di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (31/10/22).

Pemerintah akan menyediakan waktu untuk negara-negara itu bertemu Presiden Jokowi pada KTT ASEAN di Vietnam pada 10-13 November. Sebagian lainnya kemungkinan akan melakukan pertemuan bilateral dengan Jokowi pada KTT APEC di Thailand pada 15-16 November.

BACA JUGA :  Rakerda BAZNAS Bangkalan, Berikan Bantuan hingga Penghargaan pada OPD

“Prinsipnya Presiden sangat menghargai dan ingin sekali melakukan pertemuan sesuai dengan permintaan para leaders negara lain,” terangnya.

Indonesia telah menjalani peran presidensi G20 sejak November tahun lalu. Indonesia akan mengakhiri masa jabatannya dengan menggelar KTT G20 di Bali pada 15-16 November 2022.

Tinggalkan Balasan