Menlu Rusia Sergei Lavrov Akan Hadiri Rapat G20 di Bali Pekan Depan

Menlu Rusia Sergei Lavrov Akan Hadiri Rapat G20 di Bali Pekan Depan

Jakarta – Jurnal Hukum Indonesia.- Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov akan menghadiri pertemuan dengan para menlu negara G20 di Bali pekan depan. Hal itu diungkap seorang pejabat kedutaan Rusia di Jakarta pada Selasa (28/06/22).

Denis Tetiushin, juru bicara kedutaan Rusia untuk Indonesia, mengkonfirmasi kepada Reuters bahwa Lavrov akan bergabung dalam pertemuan Menlu G20 pada 7-8 Juli mendatang di Bali.

Selain Lavrov, Kremlin sebelumnya juga mengonfirmasi Presiden Rusia Vladimir Putin akan hadir dalam pertemuan puncak (KTT) G20 di Bali November mendatang.

BACA JUGA :  Polisi Tangkap Kepala Kampung Penyuplai Dan Donatur Kelompok Separatis Papua

Kehadiran Putin itu ditetapkan terlepas dari seruan sejumlah anggota G20 lain seperti Amerika Serikat dan sekutunya kepada Indonesia untuk memboikot keikutsertaan Rusia dalam forum itu lantaran invasinya ke Ukraina.

Penasihat Putin, Yury Ushakov, mengatakan Presiden Joko Widodo telah mengundang Putin untuk berpartisipasi dalam KTT G20 di Bali pada 15-16 November mendatang dan Putin telah menerima undangan tersebut. Meski begitu, detail kunjungan masih dipersiapkan.

Sejak invasi Rusia ke Ukraina berlangsung, Indonesia terus disorot lantaran memegang Presidensi G20 tahun ini. Sejumlah anggota G20 seperti Amerika Serikat, Australia, hingga Uni Eropa bahkan telah mendesak Indonesia memboikot keikutsertaan Rusia dalam forum tersebut.

BACA JUGA :  Polres Jember Berhasil Mengamankan 15 Terduga Pelaku Pembakaran, 9 diantaranya Resmi Tersangka

AS bahkan mengancam tak akan hadir dalam rangkaian G20 tahun ini jika delegasi Rusia, terutama Presiden Vladimir Putin, masih ikut serta dalam KTT yang akan berlangsung pada Oktober mendatang. Meski begitu, Indonesia masih berupaya mengundang seluruh anggota G20, termasuk Rusia, ke KTT di Bali nanti.

Presiden RI Jokowijuga bakal melakukan kunjungan ke Ukraina dan Rusia untuk bertemu Presiden Volodymyr Zelensky dan Presiden Putin setelah menghadiri KTT G7 di Jerman. Jokowi bakal membawa agenda perdamaian kepada kedua negara yang kini masih berperang.

Tinggalkan Balasan