Berita  

PASAL PERBUATAN TIDAK MENYENANGKAN

PASAL PERBUATAN TIDAK MENYENANGKAN

Jurnal Hukum Indonesia.- Perbuatan tidak menyenangkan diatur dalam pasal 335 kitab undang-undang hukum pidana (kuhp).

Pasal tersebut berbunyi, “(1) diancam dengan pidana penjara paling lama satu tahun atau denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah:
1. Barang siapa secara melawan hukum memaksa orang lain supaya melakukan, tidak melakukan atau membiarkan sesuatu, dengan memakai kekerasan, sesuatu perbuatan lain maupun perlakuan yang tak menyenangkan, atau dengan memakai ancaman kekerasan, sesuatu perbuatan lain maupun perlakuan yang tak menyenangkan, baik terhadap orang itu sendiri maupun orang lain;
2. Barang siapa memaksa orang lain supaya melakukan, tidak melakukan atau membiarkan sesuatu dengan ancaman pencemaran atau pencemaran tertulis.
(2) Dalam hal sebagaimana dirumuskan dalam butir 2, kejahatan hanya dituntut atas pengaduan orang yang terkena.” Jumlah denda rp 4.500 pada pasal tersebut saat ini akan dilipatgandakan seribu kali menjadi rp 4.500.000. Hal ini mengacu pada pasal 3 peraturan mahkamah agung nomor 2 tahun 2012 tentang penyesuaian batasan tindak pidana ringan dan jumlah denda dalam KUHP.

BACA JUGA :  Bersama Pemkab Tangani PMK, Polres Magetan Lakukan Pemeriksaan Kendaraan Hewan Ternak di Perbatasan Antar Kota dan Propinsi

Nara Sumber : LEMBAGA SANDYA KARA PRAWARA (SKP LAW FIRM)
Youtube : SKP LAW FIRM

Tinggalkan Balasan