Berita  

Pelantikan Panwascam, Bupati Siap Dukung Pelaksanaan Tahapan Pemilu 2024

Avatar of Jurnal Hukum Indonesia
Pelantikan Panwascam, Bupati Siap Dukung Pelaksanaan Tahapan Pemilu 2024

Bangkalan — Jurnal Hukum Indonesia.-

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan akan mendukung seluruh tahapan pelaksanaan Pemilu tahun 2024. Bentuk dukungan Pemkab selain pemenuhan sarana prasarana, juga akan menyiapkan SDM terbaik untuk diperbantukan. Hal tersebut disampaikan Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron saat menghadiri pelantikan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Gedung Rato Ebuh Bangkalan.

Bupati mengatakan Dukungan pemerintah terhadap kelancaran Pemilu Serentak tahun 2024 adalah sebuah kewajiban. Pemkab Bangkalan menyadari, jika penyelenggara Pemilu baik itu KPU dan khususnya Bawaslu Bangkalan tidak dapat berjalan sendirian. Hal itu disebabkan beberapa wewenang dan kebijakan ada di Pemerintah Daerah.

BACA JUGA :  Tinjau Vaksinasi Serentak se-Indonesia, Kapolri Instruksikan Akselerasi ke Lansia dan Anak-Anak

Seperti yang tertuang pada Undang-Undang 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu, Pasal 434, “Pemerintah Daerah Wajib memberikan bantuan dan fasilitas sesuai dengan ketentuan perundang-undangan”. Hal itu ditindaklanjuti dengan surat Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan yang isinya meminta Pemkab setempat untuk mendukung sarana prasarana, dukungan personil dan anggaran Pemilu 2024.

“Kami menyadari hal tersebut dikarenakan usulan baik dari KPU dan Bawaslu belum sepenuhnya dapat tertampung pada APBD,” imbuhnya.

“Adapun bentuk dukungan yang saat ini sangat diperlukan Bawaslu Bangkalan adalah pemenuhan SDM PNS. Pemkab Bangkalan menyambut baik Keputusan Menpan RB yang mengusulkan Bawaslu Bangkalan menjadi Unit Kerja Mandiri atau dikenal dengan Satker pada akhir tahun 2022 ini. Untuk itu Pemkab Bangkalan bertekad memberikan SDM PNS andalan, sehingga tidak ada kesan bahwa PNS Pemkab Bangkalan yang alih status atau ditugaskan di Bawaslu Bangkalan hanyalah PNS yang bermasalah atau yang tidak diharapkan selama ini,” tegas Bupati.

BACA JUGA :  Pemerintah Sepakati Pemanfaatan Candi Prambanan dan Borobudur untuk Kegiatan Keagamaan

Pemkab Bangkalan, kata Bupati, juga sudah membuktikan dukungan kongkrit pada Bawaslu Bangkalan berkaitan dengan sarana prasarana dan operasional. Sewa kendaraan komisioner dan dukungan prasarana seperi laptop, printer dan lainnya sudah teranggarkan melalui Bakesbangpol. Sementara perbaikan ringan kantor Bawaslu Bangkalan sudah dilaksanakan PRKP Bangkalan.

“Kami meminta pada para Camat agar dapat menyiapkan ruang dan sarana prasarana lainnya yang dibutuhkan Panwascam di masing-masing kecamatan,” ujar Bupati.

Bupati juga meminta Bappeda, BPKAD dan Bakesbangpol agar terus menyiapkan kebutuhan anggaran baik itu dukungan Pemilu 2024 dan terutama untuk Pilkada 2024.

BACA JUGA :  WALI KOTA ERI CAHYADI PASTIKAN SEKDA TERPILIH MENJABAT MAKSIMAL TIGA TAHUN

“Sosialisasi dan pendidikan pemilih juga akan terus Pemkab lakukan agar gaung sukses gelaran Pemilu Serentak 2024 di Kabupaten Bangkalan dapat berjalan sukses bersama,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan