Berita  

Pemerintah Ajak Media Dukung Program Reformasi Birokrasi

Avatar of Jurnal Hukum Indonesia
Pemerintah Ajak Media Dukung Program Reformasi Birokrasi

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas saat membuka acara Tempo Ministry Award (TMA) Tahun 2022, di Jakarta Pusat, Jumat (09/12/2022).

Jakarta – Jurmal Hukum Indonesia.–

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengajak media untuk dapat berpartisipasi mendukung program – program pemerintah dalam hal ini pelaksanaan reformasi birokrasi. Menurutnya melalui dukungan media maka program yang tengah digulirkan pemerintah seperti reformasi birokrasi dapat cepat terwujud dan dirasakan masyarakat. Media yang juga sebagai penyambung lidah antara masyarakat dan pemerintah, dapat memberi masukan untuk perbaikan layanan publik menjadi lebih baik.

“Tempo adalah media yang konsisten memperjuangkan nilai-nilai transparansi demokrasi dan acara malam ini sangat kredibel. Atas nama pribadi dan Kementerian PANRB saya mengapresiasi kegiatan tempo malam ini, dan kami mohon dukungan, mudah-mudahan reformasi birokrasi bisa berjalan lebih cepat dan akseleratif,” ujarnya saat membuka acara Tempo Ministry Award (TMA) Tahun 2022, di Jakarta Pusat, Jumat (09/12/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Mantan Kepala LKPP ini menyampaikan pesan Presiden RI Joko Widodo agar birokrasi tidak boleh rumit dan mbulet. Pekerjaan birokrasi harus cepat dan dinamis karena birokrasi kini tidak hanya sekadar tumpukan kertas dan bersifat administratif tetapi harus dapat mewujudkan outcome yang dirasakan masyarakat.

BACA JUGA :  Tindak Tegas Penimbun Pangan, Pemprov DKI Minta Bantuan Penegak Hukum

Guna mempercepat pelaksanaan birokrasi berdampak, Kementerian PANRB menjalankan RB tematik yang telah dicanangkan oleh Wakil Presiden beberapa waktu lalu. RB tematik terbagi menjadi empat, yakni pengentasan kemiskinan, peningkatan investasi, digitalisasi administrasi pemerintahan, serta program prioritas Presiden yang terbagi dua, peningkatan penggunaan produk dalam negeri melalui e-katalog dan pengendalian inflasi.

Dengan adanya birokrasi yang berdampak, tentunya masyarakat juga dapat merasakan langsung manfaat kehadiran pemerintah. Salah satunya adalah dengan kemudahan akses dalam pelayanan publik, yang hadir melalui Mal Pelayanan Publik (MPP).

BACA JUGA :  Bupati Bangkalan Sambangi Rumah Warga Kebakaran di Desa Lombang Dajah

Sementara itu, Direktur Utama PT Tempo Inti Media Harian Meiky Sofyansyah mengatakan Tempo Ministry Award (TMA) 2022 merupakan ajang penghargaan untuk kementerian dengan kinerja inspiratif dalam pengelolaan komunikasi publik. Komunikasi yang paling efektif harus didorong dari instrumen pemerintah, sebab pemahaman publik terhadap apa yang dilakukan pemerintah sangat penting. Dikatakan jika pihaknya perlu mendorong kementerian bisa membangun konsep komunikasi yang lebih cair kepada publik sehingga pemahaman publik bisa menjadi lebih baik.

“Penghargaan ini merupakan kali pertama digelar Tempo dan ke depan kegiatan ini bukan hanya mendorong kinerja komunikasi kementerian melainkan juga menyasar lembaga dan intansi terkait,” ucapnya.

Hadir pada kesempatan tersebut, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas; Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim; Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo; dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

Tinggalkan Balasan