Berita  

Pemilik Rumah Harus Bertanggungjawab atas Terjadinya Pencurian Sapi

Avatar of Jurnal Hukum Indonesia
Pemilik Rumah Harus Bertanggungjawab atas Terjadinya Pencurian Sapi

Sapi ditemukan di pekarangan rumah warga Desa Kendaban

Bangkalan — Jurnal Hukum Indonesia.-

Telah terjadi pencurian hewan (curwan) ternak berupa dua ekor sapi di Desa Tanah Merah Dajah Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Bangkalan. Pencurian yang menimpa salah seorang warga terjadi pada Minggu dini hari sekitar pukul 01.00 WIB. (6/11). Hal itu diketahui ketika pemilik sapi merasa kehilangan sapinya dan langsung melapor kepada Kepala Desa (Kades) Tanah Merah Dajah H. Kaprawi.

Atas laporan warganya Kades bergegas mengintruksikan kepada segenap warga terutama pemilik sapi untuk segera mengikuti jejak sapi yang telah hilang dari kandangnya.
“Saya suruh warga terus telusuri jejak kaki sapi jangan sampai putus karena jelas diketahui berhubung masih musim hujan, jelas masih ada bekasnya” terang Kades Kaprawi.

BACA JUGA :  Forkopimda Jatim Peringati Hakordia 2021

Kecermatan warga yang menelusuri jejak sapi akhirnya sekitar pukul 08.30 WIB diketahui dua ekor sapi milik warganya itu berada di desa sebelah yaitu Desa Kendaban. Diketahui kedua sapi milik korban ternyata sudah berada di kandang milik warga setempat. Agar tidak terjadi adanya konflik sosial antar desa maka Kades Kaprawi melakukan komunikasi yang baik dengan Kades Kendaban atas kejadian tersebut.

“Dengan tidak mengurangi rasa hormat kepada Klebun (Kades) Kendaban kami dari awal bermaksud hanya untuk mencari jejak kaki sapi yang hilang milik warga kami bukan untuk hal lain, dan ternyata ditemukan di desa Kendaban” sambung Kades Kaprawi.

BACA JUGA :  Update Covid-19 di Jatim, Kasus Aktif Kini 807

Ditemukannya dua ekor sapi tersebut secara kooperatif Kades Kaprawi langsung menghubungi Polsek setempat. Tidak lama kemudian tim Polsek Tanah Merah langsung menjemput kedua ekor sapi dan dikembalikan kepada pemiliknya selanjutnya untuk dilakukan olah TKP.

Konfirmasi yang diperoleh, Kapolsek Tanah Merah AKP Buntoro membenarkan atas terjadinya pencurian pada salah seorang warga Tanah Merah Dajah.
“Ya benar atas laporan yang saya terima ada pencurian sapi di Desa Tanah Merah Dajah, dan sekarang anggota saya lagi ke TKP” jelas Kapolsek Buntoro.

BACA JUGA :  Manager KDS Jr : Santri Pengabdian Tanpa Batas

Sementara itu Kades Kaprawi menegaskan atas kejadian itu pihaknya meminta pihak kepolisian untuk menuntaskan kasus tersebut agar pelaku segera ditemukan.
“Karena sapi ditemukan di kandang milik warga yang sementara itu bukan hak miliknya dan tidak melapor kepada Kades setempat, maka saya curiga terhadap penghuni rumah itu, lebih lebih saya lihat ada orang yang melarikan diri waktu itu agar bertanggungjawab atas kejadian tersebut, dan saya minta pihak kepolisian menuntaskan kasus ini sampai ke akar akarnya agar tidak terulang kembali terhadap desa lain” tegas kades Kaprawi.

Penulis: RobinEditor: IDHAM H.A

Tinggalkan Balasan