Berita  

Pemkab Bangkalan Gelar Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten

Pemkab Bangkalan Gelar Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten

Bangkalan — Jurnal Hukum Indonesia.- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan menggelar Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Kabupaten tahun 2022. Lomba tersebut dilaksanakan secara terarah, terkoordinasi terpadu dan merupakan penjabaran secara teknis dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan yang dituangkan dalam Petunjuk Pelaksanaan Perlombaan Desa/Kelurahan Provinsi Jawa Timur Tahun 2022.

Pada tahun 2022 ini Lomba Desa dan Kelurahan di Kabupaten Bangkalan sudah memasuki tahapan penilaian lapang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan Ali Yusri Purwanto, mengatakan, tahun 2022 ini, penilaian Perlombaan Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten dalam pelaksanaannya dilakukan bersamaan dengan Lomba Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK.

BACA JUGA :  ISLAM KASET DAN KEBISINGANNYA

Pelaksanaan 10 Program Pokok PKK didasari oleh Perpres Nomor 99 Tahun 2017 tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga serta Permendagri Nomor 36 tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2017 Tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga.

“Untuk Tahun 2022 ini ada 3 Desa yang ikut seleksi yaitu Desa Pangpong, Kecamatan Labang, Desa Amparaan, Kecamatan Kokop dan Desa Bringen, Kecamatan Labang,” katanya.

Sementara syarat untuk bisa mengikuti Lomba Desa ini, tiap Desa harus entri data Profil Desa dan Kelurahan 2 tahun terakhir.

BACA JUGA :  Jelang Bulan Ramadhan, Gubernur Khofifah Mari Asah Kesalehan Sosial Dengan Zakat , Infak Shodaqah Serta Pererat Silaturahmi

“Seleksi Kabupaten dulu, pemenang Lomba Desa/Kelurahan Tahun 2022 ini akan kami kirim ke Tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan pada kisaran bulan Februari 2023,” tambahnya.

Penulis: RobinEditor: IDHAM

Tinggalkan Balasan