Berita  

Pemkab Bangkalan Ikuti Rakor Rutin Pengendalian Inflasi Daerah, Ini Bentuk Penekanan Mendagri

Avatar of Jurnal Hukum Indonesia
Pemkab Bangkalan Ikuti Rakor Rutin Pengendalian Inflasi Daerah, Ini Bentuk Penekanan Mendagri

Bangkalan — Jurnal Hukum Indonesia.-

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan mengikuti Rakor rutin Pengendalian Inflasi di Daerah secara Virtual, Senin (19/12/2022) bertempat di Pendopo Agung Bangkalan. Dalam Rapat yang dipimpin langsung Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian tersebut juga dihadiri sejumlah pejabat terkait.

Mendagri menekankan kepada pemerintah daerah tentang pentingnya mengintensifkan langkah-langkah pengendalian inflasi di tengah situasi ketidakpastian global dan jelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

“Melihat situasi global juga Natal dan tahun baru di seluruh dunia termasuk Indonesia, justru perlu makin mengintensifkan monitoring dan langkah-langkah mengendalikan inflasi, secara nasional dikoordinasi pemerintah pusat. Namun, di daerah juga perlu mengendalikan (inflasi) di daerah masing-masing,” kata Mendagri Tito

BACA JUGA :  JELANG PIALA DUNIA U-20, PEMKOT SURABAYA SEMPURNAKAN AKSES DISABILITAS DI STADION GBT

Mendagri mengatakan ketidakpastian global yang salah satunya dipicu oleh ketegangan antara Rusia dan Ukraina berdampak multidimensi, termasuk ekonomi dan keuangan dunia.

Apalagi, di belahan bumi bagian utara saat ini tengah dilanda musim dingin yang mengakibatkan kenaikan permintaan energi yang memicu kenaikan harga.

“Kenaikan harga di bidang energi itu akan dapat memicu kenaikan-kenaikan harga barang lainnya, energi salah satunya bahan bakar minyak misalnya, dan gas,” jelasnya.

Selain itu, potensi adanya inflasi menjelang Natal dan tahun baru diakibatkan naiknya permintaan terhadap barang dan jasa.

BACA JUGA :  Timnas Indonesia U-20 Kalah Telak 0-6 Lawan Prancis

“Natal dan tahun baru akan menaikkan permintaan, permintaan terhadap barang dan jasa termasuk pangan,” kata Mendagri Tito.

Oleh karena itu, Mendagri meminta seluruh pihak terutama kepala daerah agar tak jenuh dalam melakukan koordinasi dan langkah-langkah pengendalian laju inflasi sebab inflasi bersifat dinamis bergantung pada situasi geopolitik dan keadaan ekonomi global.

“Jangan bosan, jangan merasa jenuh dengan rapat koordinasi kali ini, karena memang inflasi atau kenaikan harga barang dan jasa ini sangat dinamis,” ujar Mendagri.

Sementara Kabag Perekonomian Pemkab Bangkalan Zainal Alim menyampaikan, Pemkab telah melakukan beberapa upaya untuk menekan laju inflasi daerah. Diantaranya, melalui dinas terkait melakukan pengecekan terhadap sejumlah harga komoditas di beberapa pasar. Seperti harga telur dan bawang.

“Namun kita pastikan bahwa stok barang menjelang Nataru aman,” katanya.

Tinggalkan Balasan