Berita  

Pemkab Bangkalan Upayakan Ribuan Aset Tanah Bersertifikat Semua

Avatar of Jurnal Hukum Indonesia
Pemkab Bangkalan Upayakan Ribuan Aset Tanah Bersertifikat Semua

Bangkalan — Jurnal Hukum Indonesia.-

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Bangkalan perlahan mulai membuatkan sertifikat tanah beberapa aset tanah yang dimiliki. Meski dengan anggaran terbatas, Pemkab melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) tetap berusaha membuatkan sertifikat.

Diketahui terdapat 1266 bidang tanah belum bersertifikat. Pemkab setempat telah memasukan data tanah tersebut melalui Sistem Informasi Manajemen Barang dan Aset Daerah (Simbada).

Kabid Sarana dan Aset Daerah, BPKAD Kabupaten Bangkalan, A.P. Sjahid menyampaikan tahun 2021 tercatat 1274 bidang tanah belum disertifikat. Namun pada 2022 berhasil membuatkan sertifikat 8 bidang tanah.

BACA JUGA :  Gubernur Khofifah Harap Forum Rektor Indonesia Rumuskan Rekomendasi Strategis Hadapi Ancaman Krisis Dunia

Menurut dia dalam upaya penyelamatan aset Pemkab, ribuan bidang tanah itu akan disertifikat sesuai anggaran yang ada. Sebab hal ini menjadi atensi KPK.

“Kami sesuaikan dengan anggaran yang tersedia saja. Jadi, tahun ini tidak bisa semua aset dibuatkan sertifikat. Harus bertahap,” tuturnya.

Untuk menyiasati minimnya anggaran, pihaknya berupaya berkirim surat ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) Bangkalan, agar diberi keringanan dalam proses pendaftaran awal. Sehingga, bisa mengajukan pembuatan sertifikat dengan kuota lebih banyak.

“Untuk pendaftaran awal, untuk pengukuran bidang tanah kami harap bisa gratis. Tapi kalau untuk pendaftaran setelah SKH tetap bayar,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan