Berita  

Permudah Jurnalis, Kominfo Sediakan Siaran Langsung di Media Center KTT G20

Avatar of Jurnal Hukum Indonesia
Permudah Jurnalis, Kominfo Sediakan Siaran Langsung di Media Center KTT G20

Bali — Jurnal Hukum Indonesia.-

Kementerian Komunikasi dan Informatika memfasilitasi penyediaan siaran langsung rangkaian kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Menkominfo Johnny G. Plate menyatakan fasilitas di media center itu diharapkan memudahkan awak media atau jurnalis mendapatkan informasi pelaksanaan KTT dengan nyaman.

“Media center memang kita siapkan untuk awak media agar lebih nyaman, karena ini (jadwal KTT G20) pekerjaan maraton dan padat maka kita atur supaya senyaman mungkin,” jelasnya saat meninjau Media Center KTT G20 di BICC The Westin Resort, Nusa Dua, Badung, Bali, Sabtu (12/11/2022).

Menkominfo menjelaskan KTT G20 akan berlangsung di The Apurva Kempinski pada tanggal 15 s.d. 16 November 2022. Menurutnya, pertimbangan akses keamanan pimpinan negara Anggota G20 membuat awak media tidak memungkinkan hadir secara langsung di lokasi. Oleh karena itu, media center akan menampilkan siaran langsung proses pertemuan dari lokasi pertemuan pemimpin negara anggota G20.

“Di Media Center ini dihubungkan secara real time dengan tempat KTT di Apurva. Jadi rekan-rekan media tidak perlu semuanya ke Apurva, bisa diambil dari sini dan akan diberikan akses-akses untuk informasinya secara real-time,” tuturnya.

Selain menyiarkan secara langsung dari lokasi KTT G20, Media Center juga memfasilitasi rangkaian agenda kepala negara Anggota G20 di Bandara International I Ngurah Rai, Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (TWK), dan Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai.

“Tadi malam sudah mulai uji coba, saya kira saat ini juga sudah berjalan. Yang penting adalah konektivitas infrastrukturnya. Dengan Apurva (koneksi jaringan) hari ini selesai, sehingga nanti malam semua sudah bisa berjalan dengan baik,” ujar Menteri Johnny.

Menurut Menkominfo, Media Center KTT G20 dilengkapi dengan 192 komputer dan 192 akses LAN untuk perangkat komputer pribadi awak media. Selain itu, ada studio untuk live sebanyak 36 media booth.

“Total kapasitas dapat menampung sekitar 400 unit komputer atau laptop. Kalau ada media yang membawa perangkatnya sendiri tinggal plug in-nya ada dan kita harapkan itu berjalan dengan lancar. sendiri disini. Sudah disiapkan tempat-tempatnya,” ungkapnya.

Selain itu, Menteri Johnny menyatakan Media Center KTT G20 juga fasilitasi one on one studio dan ruang konferensi pers bagi para pimpinan negara.

“Sepengetahuan saya ada kepala negara yang juga sudah booking di ruang konferensi pers, kita siapkan semuanya demi kenyamanan awak media dan para head of delegation yang akan melaksanakan KTT disini,” jelasnya.

Dalam kunjungan ke Media Center KTT G20, Menteri Johnny didampingi Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong dan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan.

BACA JUGA :  Sidak Pasar Malam Keputran, Mendag: Ibu-Ibu Bahagia Harga Bapok Turun

Tinggalkan Balasan