Berita  

Petani Buncis Bandung Tembus Pasar Internasional, Ketua DPD RI Beri Apresiasi

Petani Buncis Bandung Tembus Pasar Internasional, Ketua DPD RI Beri Apresiasi

MAKKAH — Jurnal Hukum Indonesia.-Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mengapresiasi keberhasilan Gugun Gunawan, petani buncis di Desa Panjalu, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, yang berhasil menembus pasar internasional tanpa bantuan akses dari pemerintah.

“Tentu saya mengapresiasi langkah yang diambil Kang Gugun dan saya berharap hal ini dapat memacu petani lainnya untuk dapat menembus pasar internasional,” harap LaNyalla yang tengah berada di Makkah, Selasa (6/7/2022).

Menurut LaNyalla, keberhasilan Gugun menembus pasar Singapura patut ditiru oleh petani lain.

BACA JUGA :  DANMENKAV 2 MARINIR TERJUN LANGSUNG BINA PEMUDA BAHARI

“Pasar internasional itu begitu luas. Produk pertanian kita itu banyak dan dapat bersaing dengan baik dengan produk pertanian dari negara lain,” imbuhnya.

Senator asal Jawa Timur itu juga meminta pemerintah lebih serius mendorong petani-petani lain agar bisa seperti Gugun.

Menurutnya, pernyataan Gugun yang menganggap bahwa program pemerintah hanya seremonial belaka tanpa target dan sasaran yang jelas juga harus disikapi.

“Pandangan yang disampaikan Kang Gugun merupakan fakta lapangan dan sudah membuat jenuh petani. Tentu ini menjadi pelecut bagi pemerintah karena seakan pemerintah tak sungguh-sungguh dalam membangun industri pertanian nasional,” tutur LaNyalla.

BACA JUGA :  LANAL CILACAP TERIMA KUNKER INSPEKTUR KOARMADA II, LAKSMA TNI BAMBANG SUPRIYANTO

Oleh karenanya, LaNyalla berharap pemerintah, dalam hal ini stakeholder terkait seperti Kementerian Pertanian untuk melakukan evaluasi agar program yang mereka gulirkan sejalan dan memenuhi kebutuhan petani.

“Saya berharap Kementerian Pertanian harus berbasis pada kebutuhan petani. Programnya harus bottom up, bukan top down, sehingga program yang digulirkan sesuai dengan kebutuhan petani,” tutur LaNyalla.

Tinggalkan Balasan