Berita  

Presiden Jokowi Sambut Kunjungan Resmi Perdana Menteri Palestina di Istana Bogor

Avatar of Jurnal Hukum Indonesia
Presiden Jokowi Sambut Kunjungan Resmi Perdana Menteri Palestina di Istana Bogor

Bogor — Jurnal Hukum Indonesia.- Presiden Jokowi mengajak PM Shtayyeh untuk berfoto bersama dan menandatangani buku tamu kenegaraan di Ruang Teratai.

Presiden Joko Widodo menyambut kunjungan resmi Perdana Menteri (PM) Palestina Mohammad I.M. Shtayyeh di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Senin, 24 Oktober 2022. Tiba sekitar pukul 10.30 WIB, kedatangan Kepala Pemerintahan Palestina tersebut turut diiringi oleh pasukan Nusantara, pasukan berkuda, dan korps musik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Setibanya di halaman depan Istana Bogor, Presiden Jokowi menyambut langsung kedatangan PM Shtayyeh. Prosesi penyambutan kemudian dilanjutkan dengan upacara penyambutan resmi dengan diperdengarkannya lagu kebangsaan Indonesia dan Palestina yang diiringi dentuman meriam sebanyak 19 kali. Setelah dentuman meriam selesai, kedua pemimpin kemudian melakukan inspeksi pasukan kehormatan.

BACA JUGA :  Antisipasi Konflik Antar Nelayan, Polres Sumenep Amankan Kapal Nelayan Asal Probolinggo di Laut Masalembu

Kedua pemimpin selanjutnya memperkenalkan delegasi dari masing-masing negara yang turut hadir mengikuti upacara. Delegasi Indonesia yang hadir yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Kepala BPOM Penny K. Lukito, serta Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Abdul Kadir Jailani.

Sementara itu, delegasi Palestina yang hadir ialah Menteri Luar Negeri dan Ekspatriat Palestina Riad N.A. Malki, Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair S.M. Al Shun, Gubernur Otoritas Moneter Palestina Feras A.H. Milhem, Penasihat PM untuk Hubungan Internasional Taghrid B.I. Senouar, dan Penasihat PM untuk Urusan Strategi Dauod F.K. Deek.

BACA JUGA :  Kapolda Sumbar Pastikan Tim Trauma Healing Sudah Berjalan Bantu Korban Gempa Pasbar

Selesai memperkenalkan delegasi masing-masing, Presiden Jokowi mengajak PM Shtayyeh untuk berfoto bersama dan menandatangani buku tamu kenegaraan di Ruang Teratai. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penanaman pohon Meranti bersama oleh Presiden Jokowi dan PM Shtayyeh.

Selepas penanaman pohon, kedua pemimpin negara kemudian menuju veranda untuk berbincang sejenak sebelum menggelar pertemuan bilateral. Usai pertemuan bilateral, Presiden Jokowi dan PM Shtayyeh menyaksikan nota kesepahaman (MoU) yang telah disepakati oleh kedua negara.

Setelah itu, kedua pemimpin negara menyampaikan pernyataan pers bersama di Ruang Teratai. Rangkaian kunjungan resmi tersebut diakhiri dengan jamuan santap siang resmi oleh Presiden Jokowi di Ruang Garuda.

Tinggalkan Balasan