Berita  

Presiden Resmi Tutup KTT G20, Serahkan Gelar Presidensi kepada PM India

Avatar of Jurnal Hukum Indonesia
Presiden Resmi Tutup KTT G20, Serahkan Gelar Presidensi kepada PM India

Bali – Jurnal Hukum Indonesia.-

Presiden RI Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) secara resmi menutup pertemuan KTT G20 sekaligus menyerahkan gelar presidensi kepada PM India Narendra Modi pada saat acara penutupan KTT G20 di Nusa Dua, Bali, Rabu (16/11/22).

“Saya ingin menyampaikan selamat kepada India, yang akan melanjutkan kepemimpinan presidensi G20 berikutnya. Amanah menjaga dan mewujudkan pemulihan global serta pertumbuhan yang inklusif selanjutnya berada di tangan Yang Mulia PM Narendra Modi,” jelas Jokowi dalam sidang penutupan G20.

Presiden Jokowi yakin dibawah kepemimpinan Modi, G20 akan terus bergerak. Bahkan Presiden Jokowi menegaskan Indonesia siap mendukung presidensi India di G20 tahun depan.

“Saya juga meminta kepada seluruh pemimpin G20 di sini untuk mendukung Presidensi India tahun depan. Menandai berakhirnya presidensi Indonesia di G20, saya menyerahkan tampuk kepemimpinan (G20) kepada India selaku presidensi G20 berikutnya” ungkap Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh kementerian, lembaga, dan kelombok kerja G20 yang telah mewujudkan kesuksesan presidensi Indonesia di G20 selama setahun terakhir.

BACA JUGA :  Tim Pengamanan Tanah TNI AL Malangke Bertemu Bupati Luwu Utara

Presiden juga mengapresiasi antusiasme para pemimpin negara G20 yang hadir langsung di Bali meski di tengah situasi global yang sedang mengalami banyak kesulitan.

“Selamat jalan kepada seluruh pemimpin negara yang hadir dan delegasi undangan, have a safe trip. Dengan ini saya nyatakan KTT G20 di Bali, Indonesia, ditutup,” jelas Jokowi sambil mengetuk palu di meja sidang.

Penutupan itu pun disambut tepuk tangan dari seluruh hadirin di ruang sidang. Terlihat pula Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati terlihat bersuka cita hingga berpelukan menyambut penutupan G20 di Bali.

Tinggalkan Balasan