Berita  

PROGRAM PEMKOT “SURABAYA BERGERAK” TINGKATKAN GOTONG ROYONG DAN KEPEDULIAN PADA LINGKUNGAN

Avatar of Jurnal Hukum Indonesia
PROGRAM PEMKOT “SURABAYA BERGERAK” TINGKATKAN GOTONG ROYONG DAN KEPEDULIAN PADA LINGKUNGAN

Surabaya — Jurnal Hukum Indonesia.-

Pemerintah Kota (Pemkot) masih terus menggulirkan kegiatan kerja bakti massal “Surabaya Bergerak” di seluruh wilayah kecamatan dan kelurahan. Dengan adanya kegiatan ini, masyarakat diimbau untuk turut serta bergotong royong membersihkan lingkungan sekitarnya.

 

Salah satunya seperti di RW 1, RW 6, dan RW 9, Kelurahan Perak Utara, Kecamatan Pabean Cantian. Di tiga RW tersebut, warga tampak sibuk membersihkan lingkungannya, mulai dari mengeruk sedimen di saluran air, sampah, hingga tumpukan barang bekas.

 

Warga Jalan Kalimas RT 14/RW 9, Kelurahan Perak Utara, Kecamatan Pabean Cantian, Agus mengatakan, sudah mulai membersihkan sejak pukul 06.00 WIB bersama tetangga sekitarnya. Sasaran utama yang dibersihkan oleh warga, ia menjelaskan, yaitu saluran air yang tersumbat oleh endapan limbah rumah tangga.

 

“Ada beberapa sampah yang menyumbat, ada pula pasir dan lumpur itu turut kami keluarkan. Kalau nggak diambil, itu akan tersebut dan saat hujan bakal menggenang,” kata Agus, Minggu (27/11/2022).

 

BACA JUGA :  Perbaikan Jembatan Ngaglik Selesai 5 Hari Lebih Cepat

Agus mengungkapkan, sebelum kawasan perkampungan di sekitar rumah Agus dibersihkan, ketika hujan selalu terjadi genangan. Meskipun ada genangan setelah hujan, namun air cepat surut. “Walaupun menggenang cepat surut, karena sebelumnya kami juga rutin kerja bakti,” ungkapnya.

 

Senada dengan Agus, Ketua RW 9 Kelurahan Perak Utara, Kecamatan Pabean Cantian, Mujib mengaku, dengan adanya kegiatan “Surabaya Bergerak” warganya sangat antusias membersihkan lingkungan sekitar. Menurut dia, program seperti ini harus digelar secara rutin untuk meningkatkan kesadaran warga akan kebersihan lingkungan.

 

“Warga lebih semangat dan antusias, biar ke depannya nggak kebanjiran. Sebelum ada kegiatan ini, kami bersama Pak Camat pun sudah bergerak untuk kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar,” aku Mujib.

 

BACA JUGA :  Menteri Johnny Akan Pantau Layanan Telekomunikasi di Jalur Mudik

Di samping itu, Camat Pabean Cantian, Muhammad Januar Rizal menyampaikan, prioritas pada kerja bakti kali ini adalah fokus pada normalisasi saluran. Karena, ia melanjutkan, di kawasan RW 1, RW 6, dan RW 9, Kelurahan Perak Utara, banyak ditemukan saluran yang tersumbat akibat bangunan cor.

 

Oleh karena itu, ia bersama warga bergotong royong mengangkat bangunan cor dan mengeruk sampah yang menghalangi saluran air. “Ada pipa, ada kayu itu kita angkut juga. Alhamdulillah warga sangat luar biasa antusias, karena selain dalam kegiatan “Surabaya Bergerak” kami juga rutin kerja bakti bersama,” ujar Rizal.

 

Selain di Kelurahan Perak Utara, Kecamatan Pabean Cantian, kegiatan ini juga dilaksanakan di Jalan Kalianyar Wetan Gang V, Kelurahan Kapasari, Kecamatan Genteng. Di kawasan ini, warganya tak kalah semangat dalam membersihkan lingkungan.

BACA JUGA :  Apa Tujuan Pembentukan OJK?

 

Salah satunya Salikin, warga Kalianyar Wetan Gang V itu turut serta membersihkan lingkungan kampungnya. Mulai dari membersihkan sampah hingga saluran air di sekitarnya. “Kita sebelumnya sudah sering kerja bakti bersama, berhubung kampung ini jalan umum dan juga ada pasar, kadang ada orang tidak bertanggung jawab nekat buang sampah sembarangan. Jadi harus rutin dilakukan,” kata Salikin.

 

Secara pribadi, lanjut Salikin, mendukung program yang digagas oleh Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi. Menurutnya dengan program ini warga menjadi lebih peduli dengan kebersihan lingkungan.

 

Senda dengan Salikin, Ketua RT 2/RW 1 Kelurahan Kapasari, Sriwidayu mengungkapkan hal yang sama. Dengan adanya Surabaya Bergerak warganya semakin tambah semangat untuk membersihkan lingkungan. “Biasanya kita jadwalkan setiap sebulah sekali atau dua bulan untuk kerja bakti. Dengan kegiatan ini, kami semakin tambah semangat,” pungkasnya

Tinggalkan Balasan