Puan Maharani Buka Kickoff Meeting P20, Gubernur Khofifah Sebut Jadi Momentum Dorong Percepatan Kebangkitan Jatim

Puan Maharani Buka Kickoff Meeting P20, Gubernur Khofifah Sebut Jadi Momentum Dorong Percepatan Kebangkitan Jatim

SURABAYA – Jurnal Hukum Indonesia.- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menghadiri Pembukaan atau Kickoff Meeting 8th G20 Parliamentary Speaker’s Summit atau P20 yang digelar di Ballroom Hotel JW Marriot Surabaya pada Rabu (15/6) siang.

Dibuka langsung oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani, Kickoff Meeting P20 ini merupakan pertemuan perdana sebagai pembukaan atas serangkaian pertemuan menjelang P20 Summit pada 6-7 0ktober 2022 mendatang.

Selaku tuan rumah, Gubernur Khofifah pun menyampaikan rasa bangga sekaligus terima kasih. Dirinya menyebut bahwa pemilihan Jawa Timur, khususnya Surabaya, sebagai kota pembuka merupakan sebuah kebanggaan tersendiri. Apalagi di tengah kondisi pascapandemi Covid-19, momen presidensial P20, diharapkan akan memberi _Multiplier Effect_ dalam upaya kebangkitan Jawa Timur.

“Jawa Timur patut berbangga, Surabaya patut berbangga. Dalam event akbar G20, kita mendapat mandat menjadi tuan rumah pembukaan Kickoff Meeting P20,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Bupati Jember Berangkatkan Tim Pelaku Seni Jember Tampil di TMII Jakarta

“Untuk pertama kalinya, Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan G20. Dan Jawa Timur ikut andil di dalamnya,” lanjutnya.

Untuk itu, Gubernur Khofifah pun mengajak seluruh masyarakat Jawa Timur, khususnya masyarakat Kota Surabaya, untuk bisa ambil peran dan mempersiapkan diri dalam masa presidensial kali ini. Menurutnya, momen Presidensi P20 bisa menjadi ajang unjuk gigi masyarakat Surabaya kepada dunia.

“Akan banyak perwakilan dari berbagai negara yang diharapkan datang ke Surabaya. Di situ kita bisa kenalkan makanan, wisata, dan budaya kita,” tuturnya.

Hal senada disampaikan Ketua DPR RI, Puan Maharani. Momen presidensi P20 ini juga bisa menjadi momen untuk menunjukkan indahnya pesatuan dan kesatuan di tengah keragaman bangsa Indonesia kepada dunia.

BACA JUGA :  Xi Jinping Puji Presiden Jokowi soal Misi Damai Ukraina-Rusia

Surabaya dipilih sebagai tuan rumah Kickoff Meeting P20 bertujuan untuk membawa citra unggul Surabaya dan Jawa Timur di mata dunia internasional.

“Memang di sini saya minta untuk bisa dilakukan Jawa Timur, Surabaya. Sehingga nanti harapannya, ketua-ketua parlemen P20 yang akan hadir di Jakarta tidak hanya datang ke Jakarta saja. Namun juga bisa datang wilayah lain yang ada di Indonesia yaitu salah satunya adalah Surabaya atau wilayah Jawa Timur yang lainnya,” ungkap Ketua DPR RI Puan.

Puan menyebutkan bahwa penyelenggaraan P20 sebagai wujud kesiapan parlemen Indonesia (DPR) untuk bisa bersinergi atau berkomunikasi dengan seluruh parlemen yang ada di dunia.

“Kita siap bersinergi dalam menyampaikan atau melaksanakan semua dan mengawal program-program yang ada dan akan dilaksanakan oleh pemerintah melalui G20,” tegasnya.

BACA JUGA :  Polres Pelabuhan Tanjung Perak Musnahkan Barang Bukti Narkoba 6,5kg Sabu Sabu dan 1650 Pil Ekstasi serta 57 Pelaku ditangkap

Oleh sebab itu, dirinya berharap agar pelaksanaan P20 dan G20 bisa berjalan dengan baik dan membawa citra Indonesia di internasional menjadi lebih baik.

“Ini kesempatan bagi Indonesia untuk menunjukkan bahwa kita siap kita mampu, kita bisa berbuat bukan hanya di dalam negeri tapi juga di dunia internasional,” pungkas Puan Maharani.

Beberapa tokoh penting lainnya turut hadir dalam even Kickoff Meeting P20. Di antaranya ialah Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Gilang Dhielafararez, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Nurcahyanto, Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo, Pj. Sekdaprov Jatim Wachid Wahyudi, dan para perwakilan anggota parlemen dari berbagai negara anggota G20.

Tinggalkan Balasan