Puluhan UMKM Solo Siap Unjuk Gigi di Paris

Puluhan UMKM Solo Siap Unjuk Gigi di Paris

Solo – Jurnal Hukum Indonesia.- Puluhan UMKM Solo berhasil menembus pasar di Prancis melalui kolaborasi strategis antara Kedutaan Besar RI di Paris, Pemerintah Kota Solo dan Shopee. Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka menjelaskan bahwa ini merupakan peluang yang sangat baik untuk memperkenalkan Solo ke pasar global.

“Ini persiapannya sangat panjang. Sudah satu tahun ini kita ada program dengan Kampus UMKM Shopee Ekspor Solo dan ini kita ada kesempatan untuk membawa produk-produk terbaik kita ke Paris. Kita juga dapat kesempatan seniman kita untuk tampil di Paris. Jadi kita benar-benar ingin mengenalkan nama Solo agar bisa dikenal di mata dunia,” ujar Walikota Solo, Selasa (7/6/2022).

BACA JUGA :  Sambut Hari Polwan ke-74, Polwan Polda Jatim Gelar Donor Darah, Baksos dan Polwan Goes To School

Hal ini ia sampaikan dalam talkshow ‘Buah Karya Bangsa di Paris’ yang diselenggarakan di KBRI Paris. Event ini merupakan perhelatan yang bertajuk ‘Java in Paris’, di mana puluhan UMKM asal Solo akan melantai di Le BHV Marais selama satu bulan lebih.

Le BHV Marais merupakan salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Kota Paris sekaligus jaringan dari Galerie Lafayette. Ribuan produk yang akan dijual di Paris ini secara langsung berhasil lolos kurasi yang dilakukan oleh Le BHV Marais.

BACA JUGA :  Berikut Aktivitas Kegempaan Semeru Hari Ini

Gibran mengatakan kesempatan ini akan digunakan untuk semakin memperkenalkan Batik Solo di Paris yang merupakan pusat fesyen dunia.

“Semua kita bawa, produk-produk terbaik kita. Saya sempat mengantarkan langsung BHV Marais ke pabrik dan pengrajin Batik di Solo. Ini supaya mereka tahu bagaimana proses, sejarah hingga filosofi dari motif yang ada,” imbuhnya.

Event yang rencananya akan dimulai pada tanggal 8 Juni hingga 17 Juli 2022 ini juga akan melibatkan sejumlah pekerja seni dan budaya di bawah asuhan koreografer dan budayawan Solo Eko Pece, yang turut akan menampilkan beragam tarian Jawa.

Tinggalkan Balasan