Berita  

RI Ikut Berduka Usai Gempa Afghanistan Tewaskan 1.000 Orang

RI Ikut Berduka Usai Gempa Afghanistan Tewaskan 1.000 Orang

Jakarta – Jurnal Hukum Indonesia.- Kementerian Luar Negeri Indonesia menyampaikan belasungkawa kepada Afghanistan usai diguncang gempa bumi dahsyat hingga menewaskan setidaknya 1.000 orang, Kamis (23/06/22).

“Pemerintah dan warga Indonesia menyampaikan kesedihan yang mendalam usai gempa bermagnitudo 5,9 mengguncang distrik di dua provinsi di Afghanistan pada 22 Juni 2022,” demikian pernyataan resmi Kemlu RI di Twitter.

Mereka lalu berujar, Belasungkawa dan simpati kami yang terdalam kepada para korban tragedi dan keluarga serta teman-teman mereka yang terkasih.

BACA JUGA :  UPDATE KEBIJAKAN DI BIDANG PERSONEL, ASPERS PANGKOLINLAMIL HADIRI RAKORPERS TNI AL

Gempa bumi melanda Afghanistan pada Rabu (22/06/22) pagi waktu setempat. Reuters melaporkan kekuatan gempa bermagnitudo 6,1 namun sumber lain menyebut magnitudo 5,9.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat gempa berada di sekitar 44 kilometer dari Khorst, kota dekat perbatasan Pakistan, dan memiliki kedalaman 51 km.

Imbas bencana ini, setidaknya 1.000 orang dinyatakan meninggal.

Kepala Departemen Informasi dan Budaya di Paktika versi Taliban, Mohammad Amin Huzaifa, mengatakan jumlah korban akan terus bertambah.

“Jumlah [korban] akan terus bertambah. Orang-orang tengah menggali kubur usai menguburkan [orang],” jelas dia dikutip AFP.

Tinggalkan Balasan