Berita  

Segudang Manfaat Wijen Untuk Kesehatan

Avatar of Jurnal Hukum Indonesia
Segudang Manfaat Wijen Untuk Kesehatan

Surabaya — Jurnal Hukum Indonesia.–

Banyak orang hanya mengetahui wijen dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk, seperti biji utuh, pasta wijen, minyak wijen atau bubuk wijen.

Tanaman dengan bahasa latin Sesamum indicum ini sering digunakan sebagai bahan tambahan pada makanan dan minuman seperti roti, kue, selai, saus, dan minuman kopi atau teh.

Selain sebagai bahan masakan, wijen juga memiliki manfaat kesehatan yang beragam karena kaya nutrisi. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (17/2/23), berikut manfaat wijen untuk kesehatan jika rutin dikonsumsi:

1. Menjaga kesehatan tulang dan gigi
Biji wijen kaya akan mineral penting, seperti kalsium dan fosfor yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kalsium adalah mineral utama yang membentuk tulang dan membantu menjaga kepadatan tulang dan gigi. Fosfor juga penting untuk pembentukan tulang dan gigi, serta membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Selain itu, biji wijen juga mengandung senyawa antibakteri yang membantu melawan bakteri penyebab kerusakan gigi dan gusi.

2. Cegah penyakit jantung
Manfaat wijen juga mengandung lemak sehat, seperti omega-3 dan omega-6byang membantu meningkatkan kesehatan jantung. Lemak sehat dalam biji wijen ini dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.
Kolesterol yang sehat membantu menjaga elastisitas pembuluh darah dan mengurangi risiko penyakit jantung, seperti aterosklerosis, hipertensi dan serangan jantung.

BACA JUGA :  Antisipasi Omicron, Polres Tuban Gelar Pamor Keris Gabungan Sasar Tempat Keramaian

3. Tingkatkan sistem kekebalan tubuh
Biji wijen kaya akan antioksidan seperti sesamin, sesamolin dan lignan yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang tidak stabil dan dapat merusak sel-sel tubuh. Antioksidan pada wijen membantu menangkal efek merusak radikal bebas dan melindungi tubuh dari kerusakan sel.

4. Memelihara kesehatan otak dan saraf
Biji wijen mengandung asam lemak esensial seperti omega-3, omega-6 dan omega-9 yang penting untuk membangun dan memelihara sel-sel saraf dalam otak. Selain itu juga membantu menjaga kesehatan seluruh sistem saraf.

5. Menjaga kesehatan mata
Biji wijen mengandung lutein dan zeaxanthin, antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan mata. Kedua antioksidan ini membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar ultraviolet dan mencegah terjadinya degenerasi makula.

Tinggalkan Balasan