Berita  

Sekjen Kominfo Dorong CPNS Perkuat Kompetensi

Avatar of Jurnal Hukum Indonesia
Sekjen Kominfo Dorong CPNS Perkuat Kompetensi

Jakarta — Jurnal Hukum Indonesia.–

Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Mira Tayyiba mendorong Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk meningkatkan kompetensi teknis dan nonteknis. Menurutnya hal itu menjadi kunci dalam menjalankan tugas sehari-hari di lingkungan Kementerian Kominfo.

“Sebagai leading sektor transformasi digital nasional, Kementerian Komunikasi dan Informatika memegang peran strategis dalam menuntun perjalanan transformasi digital bangsa. Transformasi digital tidak akan berjalan baik tanpa didukung sumber daya manusia yang kompeten, termasuk SDM internal di Kementerian Kominfo, di LPP TVRI dan LPP RRI,” jelasnya dalam Grand Closing Pelatihan Dasar CPNS Golongan II dan III Tahun 2022 secara virtual dari Jakarta, Selasa, (27/12/2022).

Sekjen Kementerian Kominfo menekankan dua aspek penting yang perlu dipelajari dan adopsi oleh peserta CPNS, yaitu pemahaman tentang transformasi digital sebagai aspek teknis serta pola pikir dan perilaku sebagai ASN dalam aspek nonteknis.

“Pemahaman tentang transformasi digital termasuk program Kementerian Kominfo dalam melaksanakan agenda transformasi digital Indonesia menjadi penting, karena kita dituntut berperan sebagai leading sektor. Artinya adalah kecepatan dan ketepatan kita melaksanakan program kerja akan menentukan kecepatan dan kualitas Indonesia melaksanakan transformasi digital,” ujarnya.

Selain aspek teknis, Sekjen Mira Tayyiba menilai pemahaman tentang transformasi digital menjadi kurang bermakna apabila tidak diikuti dengan peningkatan soft skills atau pola pikir dan perilaku yang baik sebagai ASN.

“Oleh karena itu, penguasaan aspek teknis dan nonteknis menjadi penting bagi siapapun di lingkungan Kementerian Kominfo agar kehadiran dan kontribusi kita memberikan manfaat,” tandasnya.

Sekjen Kementerian Kominfo mengapresiasi CPNS yang telah menyelesaikan Pelatihan Dasar. Namun, Sekjen Mira Tayyiba juga mengingatkan bahwa perjalanan baru dimulai, sehingga perlu terus meningkatkan kemampuan di bidang teknologi digital.

BACA JUGA :  Polisi dan PMK Kota Malang Bersihkan Tumpahan Solar, Lalulintas di Jalan S Parman Kembali Lancar

“Saya ucapkan selamat kepada seluruh peserta pendidikan dasar CPNS yang telah berhasil melalui tahapan ini. Namun ingat, perjuangan belum selesai, justru perjalanan adik-adik baru dimulai. Oleh karenanya, inovasi untuk mendisrupsi organisasi dan diri sendiri jangan sampai tertinggal dan tetap menjadi relevan,” ungkapnya

Plt, Kapusdiklat Balitbang SDM Kementerian Kominfo Baso Saleh, menjelaskan Pelatihan Dasar CPNS di Kementerian Kominfo ditujukan untuk mengembangkan kompetensi CPNS secara terintegrasi,

“Untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang,” tuturnya.

Plt. Kapusdiklat Balitbang SDM menyatakan total peserta sebanyak 1.149 orang. Masing-masing 80 orang dari Sekretariat Jenderal, 146 orang dari DItjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, 63 orang dari DItjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika, dan 71 orang dari DItjen Aplikasi Informatika. Selanjutnya sebanyak 50 orang dari DItjen Informasi dan Komunikasi Publik, 63 orang dari Badan Penelitian dan Pengembangan SDM, 9 orang dari Inspektorat Jenderal, 146 orang dari LPP TVRI, serta 517 orang dari LPP RRI.

BACA JUGA :  Kodim 0402/OKI Siap Sukseskan Pilkades Serentak di Ogan Ilir

“Sebanyak 1.141 orang di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Lembaga Penyiaran Publik TVRI dan RRI dinyatakan lulus dalam tahap latihan dasar. karena 8 orang mengundurkan diri atas permintaan sendiri,” jelasnya.

Selain Sekjen Kementerian Kominfo Mira Tayyiba dalam acara yang berlangsung hibrida itu hadir Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo Hary Budiarto dan Deputi Bidang Kebijakan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Lembaga Administrasi Negara Muhammad Taufiq.

Tinggalkan Balasan