Berita  

Tiba di Surabaya, Menkominfo Akan Sosialisasikan Jalur Palapa Ring Integrasi

Avatar of Jurnal Hukum Indonesia
Tiba di Surabaya, Menkominfo Akan Sosialisasikan Jalur Palapa Ring Integrasi

Surabaya – Jurnal Hukum Indonesia.-

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate memulai kunjungan kerja di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, MInggu (30/10/2022). Tiba di Bandar Undara Internasional Juanda pukul 19.00 WIB, Menkominfo disambut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur Hudiyono; Kepala Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Kelas I Surabaya Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Supriadi; dan Kepala Kantor Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Wilayah Kerja IV Surabaya Taruna Perdana Adi.

BACA JUGA :  Ketua DPD RI Ajak Pemuda Asia-Afrika Siapkan Peta Jalan Sambut Perubahan Global

Dalam agenda kunjungan kerja kali ini, Menteri Johnny akan bertemu dengan kelapa Dinas Kominfo dari 14 provinsi di Indonesia. Pertemuan itu membahas Rencana Pembangunan Proyek Strategis Nasional Palapa Ring Integrasi, sesuai dengan Peraturan Menteri Perekonomian Nomor 09 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 07 Tahun 2021 tentang Perubahan Daftar Proyek Strategis Nasional.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dijadwalkan memberikan sambutan melalui rekaman tayangan video. Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dijadwalkan hadir secara langsung di lokasi.

BACA JUGA :  Siapapun Harus Hormati Putusan Hakim

Sosialisasi juga diisi dengan penjelasan mengenai Rencana Jalur Palapa Ring terintegrasi oleh Kepala Divisi Infrastuktur Backbone BAKTI Kominfo; Project Director Penyusunan Kajian Pemutakhiran Palapa Ring Terintegrasi, Alexander Pratomo dan Kepala Pusdatin Kementerian Kelautan dan Perikanan, Aulia Riza Farhan.

Saat ini Indonesia saat ini memiliki jaringan serat optik dengan total panjang 459.111 km, termasuk 12.229 km jaringan milik pemerintah yaitu Palapa Ring. Proyek Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) Jaringan Tulang Punggung Serat Optik Palapa Ring Integrasi merupakan kelanjutan dari Proyek Palapa Ring (Eksisting) yang telah beroperasional sejak 2019. Pembangunan Jaringan Palapa Ring Integrasi merupakan upaya memenuhi kebutuhan akses cepat, serta meningkatkan ketahanan dan keutuhan jaringan tulang punggung serat optik nasional.

BACA JUGA :  TNI AL DAN MASYARAKAT PAPUA BERDUKA

Dalam kunjungan ke Surabaya selama dua hari tersebut, Menkominfo Johnny G. Plate didampingi Direktur Utama BAKTI Kementerian Kominfo, Anang Latif.

Tinggalkan Balasan