Berita  

Tutup Warfare and Strategy Course 2022, Menhan Prabowo Tegaskan Pentingnya Penguasaan Teori dan Sejarah Perang

Avatar of Jurnal Hukum Indonesia
Tutup Warfare and Strategy Course 2022, Menhan Prabowo Tegaskan Pentingnya Penguasaan Teori dan Sejarah Perang

Bogor – Jurnal Hukum Indonesia.–

Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto didampingi Sekjen Kemhan Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto, secara resmi menutup “Warfare and Strategy Course 2022”, di Bogor, Jumat (9/12).

Kursus ini diselenggarakan Universitas Pertahanan (Unhan) RI sejak 21 November sampai 9 Desember 2022, dengan menghadirkan pakar strategi terbaik dari berbagai perguruan tinggi ternama internasional secara online dan offline.

Kegiatan yang diikuti sekitar 100 pejabat militer dan sipil dari ketiga matra dan sejumlah kementerian/lembaga ini merupakan wujud kontribusi yang penting bagi bidang kajian perang dan strategi untuk komunitas pertahanan maupun TNI.

BACA JUGA :  Sukses Memimpin Ditengah Krisis, Pak Yes Berhasil Bangkitkan Ekonomi yang Sempat Terkontraksi

Dalam arahannya kepada para peserta, Menhan Prabowo menegaskan, kursus singkat ”Warfare and Strategy Course 2022” ini bertujuan mempersiapkan sikap, mental, serta kemampuan kekuatan pertahanan Indonesia dengan cakupan masalah perang dan strategi.

“Kursus ini akan menambah pengetahuan dan wawasan. Belajar terbaik tentang perang adalah dari sejarah, berbagai tulisan-tulisan tentang perang dan belajar dari para pakar yang mendalami teori dan sejarah perang,” ujar Menhan Prabowo.

“Diadakan kursus ini agar saudara paham secara teori, memiliki kemampuan serta bertanggung jawab atas nama keselamatan bangsa dan negara ke depan. Ini tugas kita bersama,” lanjutnya.

Menhan Prabowo kemudian menjelaskan bahwa belajar dari perang di Ukraina, artileri jarak jauh menentukan di medan pertempuran modern dan logistik menentukan kemenangan.

BACA JUGA :  12 Orang Meninggal Atas Serangan Teroris di Burkina Faso Afrika

“Secara keseluruhan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata) terbukti unggul. Karenanya, selamat berjuang dan junjung tinggi selalu merah putih, jadilah pemimpin-pemimpin terbaik,” ujar Menhan Prabowo mengakhiri arahannya.

Menhan Prabowo juga menyampaikan penghargaan pada para peserta terbaik, yaitu Kolonel Laut (P) Donny Soeharto, Marsma TNI Wastum, Kombespol Rantau Isnur Eka dan Brigjen TNI Agustinus Purboyo.

Peserta dalam kegiatan ini di antaranya berasal dari Kemhan, Polhukam, Kemenlu, Lemhanas, Wantannas, BIN, BSSN, Bakamla, Polri, Sesko TNI, Mabes AD, AL dan AU.

Tinggalkan Balasan