Berita  

Upaya Pemkab Bangkalan dalam Pengendalian Inflasi di Daerah

Avatar of Jurnal Hukum Indonesia
Upaya Pemkab Bangkalan dalam Pengendalian Inflasi di Daerah

Bangkalan — Jurnal Hukum Indonesia.-

Staf Ahli Bidang Pemerintahan Irman Gunadi mewakili Plt Bupati Bangkalan Drs Mohni MM mengikuti Rakor Pengendalian Inflasi di Daerah secara Virtual, Senin (12/12/2022) di Ruang Rapat Wakil Bupati Bangkalan. Dalam Rapat virtual tersebut juga dihadiri sejumlah pejabat terkait.

Irjen Kemendagri Komjen Pol. Drs. Tomsi Tohir yang membuka langsung kegiatan mengatakan sebanyak 91 Pemda telah melakukan 6 (enam) upaya konkrit dalam penanganan inflasi daerah atau mengalami kenaikan, dibandingkan minggu lalu yang hanya 67 Pemda. Sementara itu 30 Pemda belum melakukan sama sekali 6 (enam) upaya konkrit dalam penanganan inflasi daerah atau mengalami penurunan 27 Pemda dibandingkan minggu lalu sebanyak 57 Pemda.

BACA JUGA :  Polri dan Majelis Adat Dayak Nasional Sinergi Berkomitmen Kawal Pembangunan IKN

Enam upaya konkrit Pemda dalam penanganan inflasi daerah diantaranya melaksanakan operasi pasar murah, melaksanakan sidak ke pasar dan distributor agar tidak menahan barang, kerjasama dengan daerah penghasil komoditi untuk kelancaran pasokan, gerakan menanam, merealisasikan BTT dan dukungan transportasi dari APBD.

Tomsi Tohir mengimbau seluruh daerah untuk menurunkan inflasi di daerahnya. Ia pun meminta tiap kepala daerah untuk mengantisipasi kenaikan harga di akhir tahun (Natal 2022 dan Tahun Baru 2023).

“Pemerintah Pusat dan Daerah agar memonitor angka-angka tiap daerah terutama bagi daerah-daerah rawan dan membuat inovasi dan terobosan untuk berkolaborasi dalam penanganan inflasi,” jelas Tomsi.

BACA JUGA :  Menjelajah Sentra Pembuatan Blangkon Kota Solo

Sementara Staf Ahli Bidang Pemerintahan mengatakan bahwa Pemkab siap melakukan langkah-langkah konkrit terhadap penanggulangan inflasi daerah khususnya di Kabupaten Bangkalan.

“Kita akan berkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait dalam mengatasi permasalahan ini, sehingga akan lebih cepat terwujud,” ujarnya.

“Pemkab telah mengupayakan pengendalian inflasi terutama dengan menjaga ketahanan pangan dan kemandirian pangan bagi masyarakat,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan