Berita  

Wamenhan RI Hadiri Formal Dinner Tahunan Indonesia-Australia Defence Alumni Senior Advisory Group (IKAHAN SAG)

Avatar of Jurnal Hukum Indonesia
Wamenhan RI Hadiri Formal Dinner Tahunan Indonesia-Australia Defence Alumni Senior Advisory Group (IKAHAN SAG)

Jakarta – Jurnal Hukum Indonesia.- Indonesia-Australia Defence Alumni Senior Advisory Group (IKAHAN SAG) menggelar reuni pada Kamis (27/10) dalam sebuah jamuan makan malam resmi yang dihadiri juga oleh Wamenhan RI, M. Herindra, sebagai tamu kehormatan – mewakili Menhan RI Prabowo Subianto yang berhalangan hadir.

Dalam jamuan makan malam tersebut, Wamenhan RI menekankan kembali perlunya kerja sama yang baik antara kedua negara, mengingat hubungan antara Indonesia dan Australia tidak saja disebabkan oleh letak geografis yang menjadikan keduanya bertetangga, namun lebih lagi, karena peran strategis kedua negara dalam menjaga stabilitas dan keamanan kawasan Indo Pasifik.
Kegiatan makan malam resmi ini turut dihadiri oleh Wakil Duta Besar Australia, Stephen Scott.

BACA JUGA :  Dua Siswa MAN 2 Kota Malang Juara 3 Turnamen Matematika Dunia

Melalui pidato singkat, Wamenhan RI M. Herindra mengungkapkan bahwa sejarah panjang perjalanan kerja sama Indonesia dan Australia merupakan sebuah dinamika pasang-surut yang unik, yang tidak selalu diwarnai oleh kesamaan pandangan, namun terkadang juga berada pada posisi yang berseberangan. Namun, kedewasaan diplomasi pertahanan kedua negara senantiasa berhasil menjawab tantangan yang ada, serta mengembalikan marwah kerja sama yang baik diantara kedua negara.

Turut hadir dalam jamuan makan malam adalah sejumlah tokoh senior militer Indonesia dan Australia yang selama ini aktif menjalin silaturahmi melalui Forum Tahunan IKAHAN SAG. Mereka diantaranya adalah Laksamana (Purn) Marsetio, Laksda (Purn) Yoost F. Mengko, Mayjen (Purn) I Dewa Putu Rai, dan Marsda (Purn) Zeky Ambadar.

BACA JUGA :  PRAJURIT YONKES 2 MARINIR TANGANI LUKA TEMBAK AKIBAT SERANGAN MUSUH

Adapun dari Australia, turut hadir diantaranya, Letjen (Purn) Peter Leahy dan Mayjen (Purn) Duncan Lewis.

IKAHAN merupakan asosiasi alumni yang dibangun dengan tujuan menjaga silaturahmi yang erat antara generasi sekarang dan generasi penerus. Keberadaan IKAHAN memiliki kontribusi positif terhadap keberhasilan hubungan bilateral pertahanan Australia – Indonesia.

Wamenhan RI M. Herindra berharap bahwa hubungan bilateral ini dapat terus ditingkatkan ke jenjang yang lebih erat, guna menjawab tantangan keamanan masa depan.

Tinggalkan Balasan